Tips Merawat Hardisk

Coba 5 Tips Merawat Hardisk Agar Tetap Awet

Asus ROG Strix G15

Bagaimana tips merawat hardisk agar tetap tahan lama? Seperti yang diketahui, hardisk merupakan salah satu komponen yang sangat penting dimana fungsi utamanya yaitu sebagai tempat penyimpanan data. Agar hardisk tidak mudah rusak maka Anda perlu melakukan beberapa perawatan yang tepat mengingat harganya yang masih lumayan mahal.

Meski terdengar sepele ternyata perawatan hardisk bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jika Anda melakukan perawatan yang salah tentu saja tingkat risiko terjadinya kerusakan pada hardisk Anda akan semakin tinggi. Lalu, bagaimana cara perawatan hardisk yang tepat? Nah, bagi Anda yang memiliki hardisk namun sering lalai dalam perawatannya, pastikan untuk menerapkan beberapa tips berikut ini.

Eject HDD Setelah Menggunakannya

Tips pertama yang Perlu Anda terapkan setelah menggunakan hardisk atau HDD yaitu menggunakan fitur eject HDD sebelum mencabutnya. Bagi sebagian dari Anda mungkin masih sering mencabut paksa hardisk tanpa menggunakan menu ‘eject’ ini. Meski terdengar sepele ternyata kebiasaan tersebut dapat merusak hardisk Anda dalam jangka waktu panjang.

Perlu diketahui, dengan mencabut paksa atau langsung hardisk setelah digunakan dapat menimbulkan kerusakan pada komponen internalnya. Dengan mencabut hardisk secara paksa dapat menimbulkan kerusakan pada data atau gambar yang ada dalam HDD tersebut. Tentu Anda tidak mau kehilangan semua data yang ada di dalam HDD, bukan? Oleh karena itu, jangan lupa untuk menerapkan tips ini agar hardisk Anda tetap tahan lama.

Baca juga : Review Laptop Lenovo Legion Y540

Simpan di Tempat yang Aman

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting dari tips yang pertama yaitu pastikan untuk menyimpan HDD di tempat yang aman. Seperti yang diketahui, pada bagian dalam hardisk terdapat piringan dan jarum yang mana sangat sensitif dengan benda-benda sekitarnya. Jika Anda meletakkan hardisk secara sebarangan maka yang ditakutkan akan mempengaruhi komponen yang ada di dalam hardisk. Sehingga hal tersebut dapat merusak semua data yang ada di dalamnya.

Jangan Terbentur Benda Keras      

Hal selanjutnya yang seringkali disepelekan oleh mereka yang memiliki hardisk yaitu sering sembarangan membawanya. Tahukah Anda ternyata kebiasaan tersebut dapat membuat hardisk Anda mudah sekali rusak. Untuk menjaga hardisk agar tetap tahan lama pastikan untuk menjaganya dari benturan dengan benda keras.

Seperti yang diketahui, hardisk merupakan salah satu benda yang terbuat dari banyak komponen dimana komponen tersebut bersifat sangat sensitif. Jadi, jika Anda ingin hardisk dalam kondisi tetap awet jangan sebarangan membawanya apalagi jika masih menancap di laptop Anda.

Baca juga : Review Laptop Lenovo ThinkVision M14

Gunakan dalam tempat yang Sirkulasinya Bagus

Meski terdengar sepele ternyata sirkulasi udara juga memberikan pengaruh besar pada ketahanan dan kinerja dari hardisk Anda. Saat menggunakan hardisk kesayangan Anda, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang tidak membuat hardisk tersebut cepat panas. Suhu yang terlalu panas dapat membuat komponen hardisk bekerja lebih keras. Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan dalam penggunaan jangka panjang.

Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Satu lagi tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga hardisk tetap sehat dan awet yaitu dengan melakukan pengecekan secara berkala. Dalam hal ini sebaiknya Anda menghapus beberapa data yang dianggap sudah tidak penting. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi space pada hardisk sehingga tidak membuatnya bekerja terlalu keras. Dengan melakukan pengecekan secara berkala tentu saja umur hardisk Anda akan jauh lebih lama.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang butuh hardisk namun bingung dimana membelinya, JMTECH bisa jadi solusi yang paling tepat. Selain menyediakan beragam pilihan hardisk, JMTECH juga menyediakan produk elektronik lainnya seperti smartphone, laptop, CPU dan lain sebagainya. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena dijamin terjangkau dan berkualitas. Tunggu apalagi segera cek produk yang Anda cari hanya disini. Itulah sedikit ulasan singkat tentang tips merawat hardisk yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment