Tips Membersihkan Laptop

Tips Membersihkan Laptop dengan Tepat dan Mudah

Asus ROG Strix G15

Pahami dulu tips membersihkan laptop agar laptop Anda senantiasa bersih, Membersihkan laptop memang menjadi kewajiban bagi Anda sebagai pemilik. Meski bukan faktor utama dalam ketahanan penggunaan laptop, namun hal ini menjadi bagian penting yang harus dilakukan.

Anda bisa membersihkan laptop dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan. Untuk membersihkannya, sebaiknya menggunakan alat yang tidak memiliki tekstur kasar yang justru akan membuat casing atau permukaan layar laptop menjadi lecet dan rusak. Selain itu, pastikan Anda menggunakan bahan yang aman. Nah, berikut ini merupakan tips membersihkan laptop yang mudah dilakukan di mana saja serta kapan saja.

Cara Tepat Bersihkan Laptop

Penggunaan laptop sehari-hari baik di ruang terbuka dan tertutup ternyata bisa menjadi faktor kenapa laptop menjadi kotor dan berdebu. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya dengan baik. Berikut ini merupakan cara membersihkan dari noda maupun debu kotor karena pemakaian laptop sehari-hari, sebagai berikut.

Alat dan Bahan

Untuk membersihkannya Anda memerlukan alat dan bahan yang tepat. Bahan dan alat inipun bisa Anda peroleh dengan mudah. Nah, berikut ini bahan dan alat yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan laptop.

  1. Alkohol

Selain digunakan untuk kebutuhan medis, ternyata alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam dan luar pada laptop. Penggunaannya sendiri mampu mengusir noda yang membandel pada area casing maupun layar laptop.

  1. Kain microfiber/Spons/Kuas

Penggunaan kain microfiber, spons dan kuas halus dapat membuat permukaan laptop menjadi tampak seperti baru. Nah, Anda bisa menggunakan microfiber atau spons yang bersih dalam penggunaannya.

Baca juga : Review Laptop HP Envy X360 13 Ryzen 7

  1. Blower Tangan/Vacum USB

Alat ini untuk menjangkau pada debu bagian dalam yang sulit dijangkau dan sering menjadi sarang debu. Sehingga, perlu dibersihkan dengan blower atau vacum untuk menghilangkan debu.

  1. Cotton Bud

Penggunaan cotton bud untuk menyapu debu pada permukaan laptop yang sulit dijangkau seperti pada sela-sela keyboard dan masih banyak lainnya.

  1. Pasir Kucing

Jika ingin laptop Anda memiliki aroma atau harum wangi yang tahan lama, Anda bisa menggunakan pasir kucing. Untuk jenis keharumannya Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan.

Cara Membersihkan

Jika Anda sudah memiliki beberapa bahan dan alat diatas, selanjutnya Anda bisa mengikuti beberapa langkah untuk membersihkan laptop dari debu atau kotoran seperti dibawah ini.

  1. Laptop dalam keadaan mati

Hal ini baiknya Anda lakukan untuk menghindari kemungkinan keyboard atau bagian tertentu pada laptop yang tidak sengaja terpencet.

Baca juga : Tips Merawat Hardisk

  1. Berihkan Bagian Debu Port, Speaker, Keyboard dan Baterai

Selanjutnya, gunakan blower atau vacuum untuk mengangkat debu atau kotoran didalam bagian laptop seperti port, speaker, keyboard dan baterai.

  1. Bersihkan Casing Laptop

Tahap ketiga, bersihkan casing dengan microfiber yang kering pada seluruh permukaan dan layar laptop. Setelah selesai, Anda bisa menuangkan sedikit alkohol pada kain microfiber baru, lalu bersihkan. Pastikan membersihkan permukaan laptop hanya dengan satu sisi.

  1. Gunakan Cotton Bud

Selesai mengelap dengan alkohol, bersihkan kembali bagian yang sulit dijangkau dengan cotton bud seperti pada sela-sela permukaan keyboard.

  1. Gunakan Pasir Kucing

Selesai membersihkan, Anda bisa meletakkan pasir kucing ke dalam tissue lalu diikat dan di letakkan pada bagian keyboard. Biarkan selama 24 jam agar laptop beraroma wangi.

Demikian beberapa tips membersihkan laptop agar laptop bersih dan wangi. Cara tersebut bisa Anda lakukan secara rutin minimal satu minggu dua kali. Bagi Anda yang sedang membutuhkan produk elektronik, seperti laptop misalnya, Anda bisa memesannya di JMTECH. Temukan berbagai produk elektronik murah dan diskon menarik di JMTECH. Semua barang yang dijual memiliki garansi resmi dari pabrik. Selin itu, harga produk yang ditawarkan juga jauh lebih murah.

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment