Cara Upgrade RAM Lenovo AIO PC

Cara Upgrade RAM Lenovo AIO PC yang Tepat

Asus ROG Strix G15

Jika Anda belum tahu cara upgrade RAM Lenovo AIO PC, maka Anda perlu membaca tutorial yang tepat. Seperti yang diketahui, salah satu bagian penting yang ada di dalam laptop adalah RAM. RAM atau yang kepanjangannya Random Access Memory ini merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan memori sementara yang kemudian nantinya dilanjutkan ke bagian CPU. Makin besar ukuran RAM pastinya makin banyak pula data sementara yang bisa disimpan.

Nah, bagi Anda yang merasa kapasitas RAM PC-nya kecil dan bingung bagaimana cara mengatasinya kini tak perlu bingung lagi karena ternyata RAM komputer bisa diupgrade atau diganti dengan kapasitas yang lebih besar.

Tutorial Upgrade RAM Lenovo AIO PC

Cara upgrade RAM Lenovo AIO PC di bawah ini merupakan solusi yang cepat dan tepat untuk membuat pekerjaan Anda tetap bisa dikerjakan tanpa tersendat masalah kapasitas RAM. Tak perlu lama-lama langsung simak caranya atau bisa langsung praktikan.

Baca juga : Review Laptop HP 14-CK0012TU

  1. Copot casing penutup yang ada di ujung kaki PC
  2. Buka keempat baut yang dipakai untuk menyambung kaki
  3. Lepaskan socket-socket sambungan yang terhubung dengan kabel power, kabel untuk display, dan lainnya
  4. Upgrade RAM Lenovo AIO PC setelah semua socket terlepas adalah membuka casing belakangnya
  5. Buka casing berbentuk plat yang dipakai untuk menutup motherboard PC dengan melepas baut-bautnya
  6. Lepaskan kabel-kabel yang menempel di plat penutup motherboard
  7. Setelah plat diangkat, copot kedua RAM bawaan PC-nya
  8. Pasangkan RAM barunya dan pastikan bahwa kaki-kaki RAM-nya terpasang sesuai dengan tempatnya di motherboard
  9. Setelah selesai memasangkan RAM-nya, pasang kembali plat yang dipakai untuk menutup motherboard.
  10. Pasangkan baut-bautnya dengan kuat dan pasang juga kabel-kabel yang menempel di plat penutup motherboard
  11. Pasangkan casing penutup belakang PC, pastikan Anda sudah memasangnya dengan tepat
  12. Pasang kaki-kaki PC di tempatnya, pastikan untuk memasangnya dengan hati-hati dan jangan lupa pasang juga bautnya
  13. Tancapkan kembali kabel-kabel pada socketnya dan pastikan bahwa semua bagian yang dilepas sudah terpasang dengan baik

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih RAM

Sebagai perangkat penting dalam PC, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini saat memilih RAM. Pastikan Anda memperhatikan informasi di bawah ini agar tidak mendapatkan RAM abal-abal.

Baca juga : Review Laptop Asus TUF FX505DD

  1. Pastikan untuk memahami tipe motherboard dan RAM PC

Sebelum memilih RAM, pastikan jika Anda sudah paham spesifikasi PC yang dimiliki. Jika slot RAM di PC Anda menggunakan dual channel, maka gunakan dua RAM. Misalnya, kalau Anda ingin menambahkan RAM berukuran 2 GB maka belilah dua RAM berukuran masing-masing 1 GB serta jangan lupa pastikan jenis RAM-nya.

  1. Ketahui slot RAM yang tersedia di PC Anda

Saat membeli RAM, pastikan bahwa slotnya sesuai dengan yang ada di PC hal ini dikarenakan jika slotnya tidak sama maka RAM tidak bisa digunakan. Biasanya sebuah PC dilengkapi dengan dua atau empat slot tambahan untuk RAM yang bisa digunakan semuanya.

Cara upgrade RAM Lenovo AIO PC di atas semoga bisa membantu mempermudah pekerjaan Anda. Nah, bagi Anda yang berencana untuk membeli perlengkapan elektronik seperti laptop rekomendasi toko yang tepat adalah JMTECH. Toko online ini menyediakan beragam laptop yang berasal dari berbagai brand. Selain pilihan brand-nya beragam, harganya pun juga bervariasi yang pastinya bisa disesuaikan dengan isi kantong. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya langsung saja kunjungi website kami di JMTech.

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment