cara melihat sandi wifi di komputer

Cara Melihat Sandi WiFi di Komputer Tanpa Aplikasi Tambahan

Asus ROG Strix G15

Banyak orang belum mengetahui cara melihat sandi wifi di komputer. Ternyata hal ini bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan. Apalagi kebanyakan orang seringkali melupakan sandi wifi yang telah terpasang di komputer atau laptop.

Pada umumnya password atau sandi wifi tersimpan secara otomatis dengan sistem. Maka dari itu apabila hendak menggunakannya kembali tidak perlu lagi menginput ulang sandi. Hal ini menjadi suatu masalah ketika hendak menghubungkan dengan perangkat baru seperti ponsel atau komputer lainnya. Berikut cara melihat sandi wifi di komputer tanpa aplikasi:

4 Cara Melihat Sandi WiFi di Komputer Tanpa Aplikasi

Cek Sandi di Windows

Fitur Windows memberi banyak kemudahan bagi para pengguna di berbagai bidang. Termasuk salah satunya menggunakan fitur windows sebagai langkah mudah untuk cara melihat sandi wifi di komputer. Berikut langkah melihat password wifi melalui pengaturan Windows:

  • Langkah pertama klik fitur Windows pada bagian kiri bawah di komputer. Kemudian pilih menu setting dan klik Network dan Internet.
  • Langkah kedua klik pada bagian Network and Sharing Center di bagian status.
  • Karena ingin melihat sandi wifi maka perlu memilih jaringan wifi, pilih wireless properties dan klik tab Security. Jangan lupa centang pada kotak show karakter yang ada di sebelah show karakter.

Baca juga : Cara Mengganti Password WiFi Indihome Di HP

Menggunakan Control Panel

Cara mudah berikutnya untuk dapat melihat password wifi di komputer adalah dengan menggunakan control panel. Apabila menghadapi kendala melihat password wifi menggunakan fitur Windows, langkah ini bisa jadi pilihan lain. Berikut langkah-langkah menggunakan control panel dalam melihat password wifi:

  • Pertama dapat menekan kombinasi Windows + R pada keyboard. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuka fitur Run.
  • Selanjutnya, ketik atau masukan input ncpa.cpl pada bagian teks yang tersedia. Jangan lupa tekan OK untuk langsung menjalankan perintah. Setelah terbuka maka pilih pada bagian wifi untuk melihat status.
  • Pada bagian wireless properties pilih tab security. Tekan centang pada sebuah kolam kecil dekat show karakter dan password wifi untuk memunculkan password yang sebelumnya telah tersimpan.

Melalui Fitur Powershell

Fitur Powershell yang ada di komputer menjadi salah satu cara melihat password wifi di komputer tanpa aplikasi tambahan. Menariknya lagi fitur yang satu ini juga dapat memungkinkan untuk melihat berbagai password yang sebelumnya pernah tersambung. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur powershell untuk melihat password wifi:

  • Langkah pertama ketik powershell menggunakan keyboard, setelah mengklik menu start.
  • Jika fiturnya telah aktif maka akan ada kalimat perintah netsh wlan show profiles. Setelah menekan tombol enter, terlihat berbagai jaringan yang sebelumnya pernah terhubung.
  • Lalu pilih jaringan yang hendak dilihat sandinya. Setelahnya ketik kode perintah dan sertakan nama wifi yang dimaksud. Contohnya ketik kalimat ‘netsh wlan show profile (tanpa tanda petik masukkan apa nama wifi). Lalu tambahkan kata ‘key=clear’. Pada key content akan muncul sandi wifi yang dicek.

Baca juga : Cara Ganti Password Wifi Huawei

Gunakan Fitur CMD

Terkadang fitur powershell tidak bisa digunakan di beberapa komputer untuk melihat password wifi. Namun tak perlu cemas, karena ada cara yang hampir mirip bernama fitur CMD atau fitur command prompt. Cara melihat sandi wifi menggunakan fitur CMD juga hampir sama dengan powershell, seperti berikut ini:

  • Langkah pertama yaitu dengan mengklik menu start dan mengetik run di keyboard.
  • Berikutnya masukan input CMD kemudian tekan ok. Nantinya akan muncul sebuah kotak dengan latar belakang berwarna hitam pada monitor.
  • Lalu ketik di keyboard kalimat ‘netsh wlan show profiles’ sebelum menekan tombol enter. Ulangi ketik kalimat ‘netsh wlan show profiles (tanpa tanda petik dan masukkan lagi nama wifi) serta tambahkan kata ‘key=clear’.

Itulah berbagai langkah mudah cara melihat sandi wifi di komputer tanpa aplikasi tambahan. Hebatnya lagi juga bisa melihat apa saja password wifi yang sebelumnya pernah terkoneksi di komputer. Selamat mencoba.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment