cara memperbaiki laptop layar hitam

5 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam yang Dapat Dilakukan

Asus ROG Strix G15

Layar laptop hitam pada laptop sering kali jadi permasalahan umum, baik untuk pengguna laptop maupun notebook. Hal ini terjadi pada saat proses masuk ke windows, meski kipas lampu indikator pada powernya keadaan hidup. Situasi ini pastinya akan menimbulkan pengguna panik. Sebelum situasinya panik, dibawah ini akan dijelaskan cara memperbaiki laptop layar hitam yang benar.

1. Cek Layar Pada Laptop

Langkah awal yang dapat dilakukan dalam cara memperbaiki laptop layar hitam adalah cek layar pada laptop. Apabila suara mesin pada komponen laptopnya terdengar akan tetapi layar hitam, bisa jadi yang menjadi penyebab utamanya adalah pada layar.

Pastikan untuk menghubungkan layar laptop pada layar eksternal, contohnya komputer ataupun TV dengan menggunakan kabel VGA atau HDMI. Cara lainnya adalah dengan menggunakan lampu senter pada keliling laptop. Apabila ada tulisan ataupun gambar terlihat, maka dipastikan hanya ada pada lampu layar laptopnya.

2. Atur Resolusi Pada Layar

Langkah kedua, yang menjadi cara memperbaiki laptop layar hitam adaah dengan mengatur resolusi pada layarnya. Pastikan untuk laptop tetap nyala lalu tekan juga tahan F8 sampai laptop masuk ke mode safe.

Apabila sudah, gantilah resolusi layarnya dengan klik kanan, properties. Hal ini bisa dilakukan pada windows 7, 8 sampai windows 10. Pengguna akan melihat pilihan resolusi, ubahlah layar ke pilihan rekomended, lalu pilih restart pada laptop.

3. Mengatur BIOS Pada Default Mode

Selanjutnya yang langkah berikutnya dalam memperbaiki laptop dengan layar hitam adalah mengatur BIOS pada default mode. Cara untuk masuk BIOSnnya sendiri yaitu dengan menekan tombol F2, tombol F8 hingga F11. Atau bisa langsung menghapus apabila sudah menyalakan laptop.

Apabila sudah masuk pada pengaturan BIOSnya, buka pada menu exit, pilih load default dan pilih ok. Jangan lupa juga untuk tekan save change dan kemudian exit kembali. Cara ini juga bisa dengan melakukan lepas baterai CMOS lalu pasang kembali setelah sekian menit.

4. Unistall Aplikasi yang Mencurigakan

Cara keempat adalah dengan menuninstall aplikasi yang tidak penting, atau mencurigakan. Biasanya pengguna suka menginstall aplikasi lain untuk memudahkan pekerjaan. Nah, hal ini sering terjadi tidak memerhatikan dahulu apakah aplikasi ini aman atau tidak.

Karena jika aplikasinya tidak aman menyebabkan laptop nyala akan tetapi tidak menampilkan gambar atau tulisan. Segera hapus aplikasinya ya. Cara menguninstallnya adalah masuklah pada mode sade, pilih aplikasi yang dianggap penyebab masalah laptop tersebut, lalu uninstall. Restart kembali laptop, apabila layar kembali normal, maka masalah laptop blank ini adalah aplikasi tersebut tidak cocok.

5. Bersihkan RAM Laptop

Terakhir dari cara memperbaiki laptop layar hitam adalah dengan membersihkan RAM pada laptop. RAM yang mengalami kerusakan akan rentan mengakibatkan layar pada laptop tidak akan berfungsi secara maksimal.

Cara mengatasinya, bisa dengan membersihkan RAM  pada laptop segera. Caranya lepas slot pada motherboard. Tapi, pastikan sebelum melepasnya adalag dengan cabut semua perangkat yang ada pada laptop.

Kemudian, bukalah casing di bagian belakang laptop dan lepas RAM. Pakai kuas ataupun penghapus pada pensil guna membersihkan RAM nya. Apabila sudah, pasang kembali dengan hati-hati ya.

Di atas adalah 5 dari cara memperbaiki laptop layar hitam yang dapat dilakukan pada semua jenis laptop. Semua cara diatas tentunya aman dilakukan. Pastikan juga dengan mengikuti semua cara dengan baik guna tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Berikut Cara Memperbaiki Laptop yg Lemot dengan Ampuh!

Rate this post
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment