cara memperbaiki laptop yg lemot

Berikut Cara Memperbaiki Laptop yg Lemot dengan Ampuh!

Asus ROG Strix G15

Pernah mengalami laptop lemot? Tentunya, kejadian tersebut membuat kesal karena dapat menghambat aktivitas baik pekerjaan maupun belajar. Tidak perlu khawatir, ada banyak cara memperbaiki laptop yg lemot yang bisa diterapkan dengan mudah. Kinerja laptop akan normal dan lancar kembali.

Masalah laptop lemot dapat teratasi tanpa mengeluarkan biaya. Laptop lemot bisa terjadi karena beberapa sebab diantaranya hardisk penuh hingga terlalu banyak aplikasi yang dibuka. Berikut cara ampuh memperbaiki laptop lemot dengan mudah:

1. Uninstall Aplikasi yang Jarang Dipakai

Salah satu sebab laptop lemot yang kerap terjadi yaitu hardisk penuh. Untuk mengatasinya, pengguna dapat uninstall aplikasi yang tidak perlu atau jarak dipakai. Cara ini dapat melonggarkan memori laptop, sehingga beban RAM laptop bisa berkurang dan kinerja laptop bisa lancar kembali.

2. Bersihkan Dekstop

Ternyata menyimpan banyak aplikasi di desktop dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot. Pengguna juga harus memeriksa aplikasi yang dijalankan saat laptop sedang starup. Jangan banyak memasang aplikasi di belakang background karena hal tersebut dapat menguras kapasitas RAM. Cara ini bisa dilakukan agar kinerja perangkat laptop meningkat. Tertarik mencobanya?

3. Gunakan Antivirus

Jika kapasitas penyimpanan RAM masih cukup, bahkan tersisa banyak. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah laptop terkena virus. Virus merupakan penyakit pada perangkat elektronik yang memperlambat kinerja perangkat, salah satunya laptop.

Pengguna bisa mengatasinya dengan cara menginstal antivirus, serta harus memeriksanya secara berkala. Jangan lupa untuk selalu memperbaharui antivirus agar macam-macam virus dapat terdeteksi di antivirus yang sudah terpasang di laptop. Ada banyak rekomendasi antivirus populer yang bisa dipilih diantaranya Avast, Avira, AVG, dan lain-lain. Sederhana dan mudah, bukan?

4. Gunakan Cooling Pad

Cara memperbaiki laptop yg lemot selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan cooling pad. Kinerja laptop lemot juga dapat disebabkan karena laptop mengalami overheat. Supaya, laptop tetap dalam kondisi yang dingin, pengguna dapat menggunakan cooling pad. Laptop yang sering overheat dapat mengakibatkan laptop error. Cooling pad menjadi perangkat yang penting untuk merawat laptop.

5. Kapasitas RAM Ditambah

Masalah laptop lemot juga dapat teratasi dan terbilang ampuh adalah dengan menambah RAM. Jika ingin laptop lebih kencang performanya, pengguna dapat menambah RAM. Namun, cara membutuhkan budget yang lumayan mahal. Perlu diingat untuk menambah kapasitas RAM harus tetap memperhatikan spesifikasi RAM serta kapasitas maksimal RAM yang dapat diterapkan pada laptop.

6. Gunakan Aplikasi untuk Atasi Laptop Lemot

Pengguna juga dapat mengoptimalkan kinerja laptop dengan memanfaatkan aplikasi pemacu kinerja laptop. Aplikasi tersebut dapat diinstall agar kinerja laptop dapat berjalan dengan cepat. Ada banyak rekomendasi aplikasi yang bisa dipasang di laptop diantaranya Malwarebytes, CCleaner, The PC Decrapifier, dan lain-lain. Namun, jangan memaksakan memasang aplikasi tersebut, jika laptop tidak dapat menampungnya.

7. Reset Ulang Windows

Masih belum berhasil melakukan cara diatas? Coba terakhir yakni dengan mereset ulang Windows. Laptop yang berusia lama dapat mengakibatkan kinerja hardware dan software menurun. Untuk itu cara mengatasinya adalah dengan menginstall ulang Windows.

Pengguna juga dapat mengganti Windows lain yang lebih ringan seperti Linux. Banyak pilihan Windows lain yang bisa dipilih sesuai keinginan. Mengganti Windows dapat menjadi salah satu solusi tepat agar laptop dapat bekerja optimal kembali.

Itulah 7 cara memperbaiki laptop yg lemot dapat diterapkan dengan mudah. Pengguna dapat memilih salah satu cara diatas agar kinerja laptop meningkat dan lancar kembali, sehingga pekerjaan tidak akan terhambat. Semoga membantu!

Baca juga: Harga Laptop HP Pavilion Aero 13 dan Keunggulannya

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment