cara menyambungkan kamera hp ke laptop

Simak Ulasan Cara Menyambungkan Kamera HP ke Laptop

Asus ROG Strix G15

Kamera menjadi suatu hal yang tidak pernah ditinggalkan ketika melakukan berbagai kegiatan bahkan sudah dijadikan pekerjaan. Hanya saja kualitas kamera tidak bisa semua disamakan karena itu muncullah pengembangan tentang cara menghubungkan kamera hp ke laptop. Tujuannya untuk memaksimalkan hasil dari sebuah foto agar lebih baik. Simak ulasan dibawah ini tentang penjelasan berbagai cara menyambungkan kamera hp ke laptop yaitu :

1. Pakai DroidCamX

DroidCamx bisa dijadikan salah satu cara menghubungkan kamera hp ke laptop lewat USB maupun bluetooth. Syaratnya aplikasi ini harus dipastikan sudah terinstall di hp maupun laptop setelah terinstall buka aplikasi di kedua-duanya. Tersedia dua koneksi untuk menghubungkan antara hp dan laptop yaitu USB dan bluetooth. Atur koneksi sesuai dengan pilihan yang diinginkan.

Jika memilih USB maka pastikan laptop sudah ada tulisan ADB Driver For Android. Centang USB debugging pada pengaturan di hp kemudian pastikan pengaturan hp dengan laptop sudah disinkronkan. Terakhir klik tombol start yang akan tampil droid client dimana menunjukkan kamera sudah bisa dipergunakan.

2. Dengan Bluetooth

Dengan bluetooth bisa dijadikan solusi cara menghubungkan kamera hp ke laptop tapi harus menginstal Mobiola Webcam 3.0.19 didua perangkat tersebut. Setelah aplikasi sudah terinstall lalu buka di hp dan laptop lalu akan ada tiga koneksi melalui USB, bluetooth, dan WIFI. Pilih koneksi bluetooth pada pengaturan koneksi di hp dan laptop lalu sambungkan sesuai dengan nama bluetooth. Akan ada konfirmasi connected pada hp secara otomatis jika telah terhubung.

Sedangkan kamera laptop otomatis akan menampilkan tampilan yang ditangkap oleh kamera hp. Cek kembali sebelum menggunakannya apabila tidak berhasil menyambungkannya ulangi langkah dari awal karena kemungkinan terganggu jaringan.

3. Lewat Aplikasi IP Webcam

IP Webcam juga bisa menjadi salah satu cara menyambungkan kamera hp ke laptop. Ketahui bahwa untuk menghubungkan harus mendownload aplikasi IP Webcam terlebih dahulu. Selanjutnya pilih menu video preferences lalu akan muncul beberapa pilihan seperti plug ins, effect, power management, data logging, interface, start server, motion and sound detection dan masih banyak lagi. Klik start server sampai IP Address muncul lalu telusuri lewat Google.

Ubah IP Address hp dengan IP Address yang ada di laptop. Lihat lagi apa IP Address yang dimasukkan sudah benar lalu klik ok. Otomotis kamera hp sudah terhubung dengan laptop dan siap untuk dipakai.

3. Lewat Mobiola

Lewat Mobiola kamera antara ponsel dengan laptop dapat disinkronkan. Buka aplikasi di ponsel dan laptop lalu atur ke koneksi bluetooth. Tunggu sampai beberapa nama bluetooth muncul lalu pilih nama bluetooth yang sesuai. Untuk mengawali penggunaan kamera laptop yang terhubung dengan kamera hp klik tombol start.

5. IVCam

IVCam menyambungkan kamera laptop dengan ponsel menggunakan WIFI. Hidupkan WIFI pada kedua perangkat lalu cari nama WIFI yang dituju. Langkah selanjutnya setelah nama WIFI ditemukan klik agar bisa tersambung di ponsel dan laptop. Otomatis kamera kedua perangkat sudah tersinkronkan satu sama lain. Kamera sudah bisa digunakan bahkan untuk kegiatan selain foto seperti kegiatan zoom, meeting secara online dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara menyambungkan kamera hp ke laptop melalui beberapa aplikasi yang dapat direkomendasikan. Sebelum mendownload aplikasi pastikan ruang penyimpanan ponsel dan laptop masih bisa untuk menyimpannya. Periksa juga apakah aplikasi yang diinstal cocok dengan sistem yang ada. Jangan sampai aplikasi yang diinstal akan membawa dampak buruk untuk kinerja laptop atau ponsel maka karena itu harus berhati-hati sebelum menginstal aplikasi.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam yang Dapat Dilakukan

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment