cara membagi layar laptop menjadi 2

3 Pilihan Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Paling Mudah

Asus ROG Strix G15

Lebarnya layar yang dimiliki oleh laptop menjadikan beberapa penggunanya kurang nyaman untuk melihat terlalu besar. Oleh karena itu, ada fitur split screen sebagai cara membagi layar laptop menjadi 2 untuk penggunanya. Seringkali fitur ini juga digunakan bagi pengguna yang butuh untuk membuka banyak jendela dengan berbagai tujuan tertentu misalnya menulis atau menggambar.

Nah cara membagi layar laptop menjadi 2 atau lebih akan sangat membantu penggunanya untuk memudahkan ketika sedang membuka banyak tab atau jendela. Selain untuk membantu dan memudahkan penggunanya, menggunakan split screen untuk komputer juga dapat memaksimalkan fungsinya. Langsung simak yuk langkah-langkah untuk membagi layar laptop menjadi 2 antara lain:

Melakukan Pengaturan Manual

Pembahasan pertama untuk mengetahui cara membagi layar sebuah  laptop menjadi dua adalah dengan melakukan pengaturan manual. Singkatnya, untuk bagi sebuah layar laptop jadi 2 secara manual dengan mengikuti beberapa cara yang akan dipaparkan sebagai berikut:

  • Buka aplikasi atau software yang diinginkan pada komputer yang dimiliki, sebaiknya minimize aplikasi lain agar lebih mudah. Untuk melakukan minimize aplikasi lain, klik simbol garis pendek di bagian atas kanan yang akan memunculkan tab bawah saja. Direkomendasikan untuk melakukannya agar tidak mengganggu aplikasi lain.
  • Selanjutnya adalah klik simbol kotak yang berada di kiri tanda silang atau tanda restore down. Simbol ini dapat membawa aplikasi atau software memiliki jendela yang lebih kecil dari sebelumnya.
  • Kemudian sesuaikan besarannya dengan mencari anak panah menggunakan kursor yang ada pada sisi jendela aplikasi.
  • Buka dan sesuaikan kembali aplikasi lainnya dengan cara yang sama seperti sebelumnya, lalu pastikan layar terbagi dengan seimbang.
  • Langkah terakhir sesuaikan besar dan lebar yang dimiliki oleh kedua aplikasi agar tidak memotong satu sama lain.
  • Coba untuk melanjutkan pekerjaan dan lihat apakah kedua aplikasi tersebut dapat bekerja dengan baik, meskipun terbagi layarnya.

Memanfaatkan Fitur Snap Assist

Setelah mengetahui cara membagi layar laptop menjadi 2 dengan pengaturan manual, maka selanjutnya akan membahas fitur yang dapat membantu pembagian. Kemudian untuk menggunakannya, perhatikan dan ikuti dahulu beberapa langkah yang ada berikut ini:

  • Langkah pertama buka seluruh aplikasi atau software yang akan dibagi di dalam layar komputer.
  • Kemudian tarik bagian atas salah satu aplikasi tersebut, jika komputer memiliki fitur snap assist maka akan segera muncul.
  • Ketika ada kotak dengan garis halus muncul yang dapat membuat aplikasi menjadi dua layar, maka bawa ke sana.
  • Lalu bawa aplikasi lainnya dengan cara yang sama ke kotak lainnya dan selesai.
  • Ketika ingin mengembalikan ke bentuk semula, pilih menu minimize atau close kedua aplikasi tersebut.

Membagi Layar dengan Keyboard

Selain menggunakan cara manual dan snap assist, ada juga cara membagi layar dengan menggunakan keyboard. Untuk memanfaatkan keyboard untuk membagi layar simak caranya di bawah ini yaitu:

  • Buka aplikasi yang diinginkan dengan layar normal yang besar.
  • Tekan tombol dengan simbol Windows dengan tanda panah yang diinginkan. Misalnya jika aplikasi satu ingin di bagian kanan maka tekan Windows dan tanda panah kanan secara bersamaan.
  • Ketika belum berhasil, mungkin karena cara menekannya salah atau tidak bersamaan.
  • Ulangi langkah dengan menekan Windows dan tanda panah dengan lawan arah dari yang sebelumnya.

Itulah sedikit penjelasan dan beberapa rekomendasi cara membagi layar laptop menjadi 2 yang dapat dilakukan oleh penggunanya. Untuk paparan langkah yang telah disebutkan sebelumnya, penjelasan tersebut lebih cocok diikuti oleh komputer dengan sistem operasi Windows. Demikian penjelasan kali ini dan semoga dapat bermanfaat bagi pengguna dalam meningkatkan produktivitas miliknya.

Baca juga: Simak Ulasan Cara Menyambungkan Kamera HP ke Laptop

Rate this post
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment