cara mematikan laptop hang

Cara Mematikan Laptop Hang dengan Ampuh, Yuk Coba!

Asus ROG Strix G15

Laptop hang merupakan suatu masalah yang menjengkelkan, apalagi jika pekerjaan sedang dikejar deadline. Penyebab laptop hang bisa dikarenakan karena laptop terlalu lama digunakan, sehingga terjadi not responding. Tidak perlu, khawatir ada banyak cara mematikan laptop yang hang dan dapat diterapkan dengan mudah.

Umumnya, laptop hang ditandai dengan komputer tidak bisa merespon dan layar blank karena program tidak dapat dijalankan. Mematikan laptop yang hang tidak boleh sembarangan dilakukan karena dapat mengakibatkan kerusakan yang serius. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mematikan laptop hang:

1. Tekan Tombol ALT + F4

Mematikan laptop hang yang pertama dapat dilakukan dengan mudah. Caranya, tekan kombinasi ALT + F4. Lalu, tutup aplikasi yang sedang dijalankan. Apabila aplikasi sudah ditutup, maka kinerja laptop dapat berjalan lebih ringan.

Langkah tersebut dapat diulangi hingga semua aplikasi sudah ditutup. Nantinya, pengguna akan ditampilkan opsi supaya laptop bisa dimatikan. Kemudian, opsi shutdown bisa langsung dipilih, lalu tekan enten, sehingga laptop akan secara otomatis nonaktif

2. Tutup di Task Manager

Pengguna dapat mencoba cara kedua, jika cara diatas belum berhasil yakni dengan program ditutup dengan memanfaatkan task manager. Untuk melakukannya, program harus End Task Program lewat task manager. Pertama, tansk manager dibuka dengan cara menekan CTRL + SHIFT+ ESC, lalu program yang error dipilih dan tutup task manager.

3. Tekan Tombol Windows + U

Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan cara yang paling sederhana dan mudah yakni dengan menekan tombol Windows dan U sebanyak dua kali. Dengan cara tersebut, secara otomatis laptop akan mati dengan sendirinya. Cara tersebut dapat dilakukan agar laptop yang error dinonaktifkan. Mudah dilakukan, bukan?

4. Manfaatkan Tombol Windows

Bagi pengguna Windows 7 dan Windows XP dapat memanfaatkan tombol Window yang terletak di bagian paling bawah keyboard. Kemudian, gunakan tombol panah di bagian pojok keyboard, pilih tanda panah arah ke atas, selanjutnya tanda panah arah kanan, dan terakhir tekan tombol enter. Nantinya pengguna akan ditampilkan tombol shutdown.

5. Gunakan Tombol CTRL + ALT + DEL

Cara mematikan laptop yang hang selanjutnya dapat dilakukan dengan memakai tombol kombinasi. Untuk melakukannya, tombol CTRL + ALT + DEL ditekan secara bersamaan. Jika sudah selesai, nantinya pengguna akan ditampilkan logo shutdown untuk mematikan laptop.

Pilih logo tersebut sehingga laptop akan secara otomatis sudah dinonaktifkan. Lalu tombol enter ditekan. Jika berhasil, maka laptop akan mati dan pengguna tidak bisa melihat tampilan layar. Tertarik mencobanya?

6. Tekan Lama Tombol Power

Bukan hanya menggunakan keyboard, laptop yang hang juga dapat dimatikan dengan memanfaatkan tombol power. Cara ini sangat sederhana dan gampang, tekan tombol power lama beberapa detik.

Kemudian, laptop otomatis akan mati dan mengeluarkan suara akan berhenti. Cara ini disebut dengan hard shutdown. Umumnya, produsen laptop sudah memberikan fungsi emergency pada laptop yang diciptakannya.

7. Matikan Laptop Secara Paksa

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencabut baterai dengan paksa. Lakukan cara tersebut dengan menekannya lama selama beberapa detik. Nantinya, laptop akan mati secara otomatis dan mengeluarkan bunyi. Namun, cara ini tidak dianjurkan terlalu sering karena motherboard laptop dapat mengalami kerusakan.

Itulah 7 cara mematikan laptop yang hang yang dapat diterapkan dengan mudah dan sederhana. Mematikan laptop hang tidak boleh dilakukan karena dapat memperparah kondisi laptop. Pengguna dapat memilih salah satu cara di atas. Laptop hang dimatikan agar kinerja laptop dapat berjalan seperti biasa. Semoga membantu!

Baca juga: 3 Pilihan Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Paling Mudah

Rate this post
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment