membersihkan layar laptop

Langkah Membersihkan Layar Laptop, Saran dan Pantangannya

Asus ROG Strix G15

Komponen dalam perangkat digital memang tidak boleh diperlakukan asal-asalan, sebab banyak bagian yang memerlukan perlakuan khusus. Hal ini juga berlaku ketika akan membersihkan layar laptop, meskipun layar terkesan kuat atau komponen luar namun harus tetap diperhatikan. Terdapat beberapa pantangan dan bahan yang lebih baik tidak digunakan untuk membersihkan layar.

Layar yang kotor biasanya sangat terlihat karena tingkat brightness yang digunakan juga cukup tinggi, maka debu juga lebih terlihat. Selain itu, penggunaan laptop yang hampir tiap hari dibutuhkan menjadikan bagian-bagiannya lebih rentan kotor. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa saran serta hal yang disarankan tidak dilakukan saat membersihkan layar laptop yaitu:

1. Siapkan Kain Halus, Cairan Khusus, Kuas Pembersih, dan Kapas

Sebelum membersihkan layar laptop tentu saja harus lebih dahulu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan yaitu kain, tisu, dan cairan khusus. Kemudian, letakkan laptop dan alat tersebut ke tempat yang rata dan cukup mudah ketika akan membersihkannya. Disarankan menggunakan meja yang rata dengan dada, boleh diukur ketika berdiri ataupun duduk.

2. Kondisikan Laptop dalam Keadaan Mati

Langkah selanjutnya untuk membersihkan layar laptop adalah dengan mematikan laptop untuk mencegah kerusakan. Selain itu, ketika laptop dalam kondisi mati akan lebih mudah untuk melihat debu yang ada pada sisi layar. Oleh karena itu akan lebih mudah dibersihkan, jangan lupa untuk sesuaikan posisi layar laptop sesuai keinginan agar lebih mudah ketika dibersihkan.

3. Lakukan Proses Pembersihan Pertama dengan Menggunakan Kuas atau Kain Kering

Sebenarnya pemilik laptop dapat langsung membersihkan layarnya dengan menggunakan kain dan cairan khusus. Langkah ini akan membantu untuk menguraikan dan memisahkan debu halus yang dapat dibersihkan dengan mudah. Selain itu, sisa kotoran seperti minyak atau debu yang lengket dan sulit hilang juga dapat lebih terlihat sehingga bisa diperlakukan berbeda.

4. Bersihkan Layar Laptop

Berikutnya adalah inti dari proses ini yaitu membersihkan layar PC atau laptop dengan memerhatikan beberapa hal sebelumnya. Disarankan jangan menggunakan air, meskipun jika tidak memiliki cairan khusus pembersih layar dapat menggunakan alkohol atau sedikit air. Sebaiknya para pemilik juga membersihkannya dengan hati-hati dan jangan terlalu ditekan ke layar laptop agar tidak tergores.

Tuang atau semprot cairan pembersihan, alkohol 70 persen, atau micellar water yang dapat digunakan ke atas kain atau kapas. Pembersihan dilakukan secara memutar dari satu bagian kemudian ditarik ke bagian lainnya agar debunya terangkat. Lakukan gerakan tersebut berulang kali hingga layar dirasa cukup bersih untuk digunakan kembali.

5. Keringkan Layar

Sebenarnya ini adalah langkah terakhir untuk membersihkan layar PC atau laptop, namun setelah ini akan dibahas mengenai penggunaannya setelah membersihkan. Perlu diketahui juga akan lebih baik keringkan layar dengan cara alami yaitu membiarkannya saja. Hindari penggunaan hair dryer atau pengering lainnya yang mungkin dapat berpotensi menjadi penyebab kerusakan.

6. Periksa Layar Laptop Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan layar laptop, pegang atau pastikan bahwa layar tersebut kering. Tidak ada air atau sisa cairan lainnya yang berada pada layar agar laptop dapat bekerja dengan optimal. Ketika belum kering, tunggu beberapa saat atau jika terburu-buru gunakan tisu atau kapas bersih untuk mengeringkan sisanya.

Itu adalah saran untuk membersihkan layar laptop untuk menjaganya tetap bersih dan mencegahnya kerusakan yang mungkin timbul. Untuk pembersihan juga tergantung pada pemakaian dan tingkat kotor, namun jangan terlalu sering juga. Mungkin disarankan untuk melakukannya setiap satu kali seminggu. Sekian penjelasan kali ini dalam membersihkan layar PC dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Begini Perkiraan Biaya Memperbaiki Layar Laptop Bergaris Berdasarkan Penyebab dan Masalahnya

Rate this post
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment