biaya memperbaiki layar laptop bergaris

Begini Perkiraan Biaya Memperbaiki Layar Laptop Bergaris Berdasarkan Penyebab dan Masalahnya

Asus ROG Strix G15

Perangkat laptop yang rusak memang akan menghambat ketika pengguna ingin menggunakan perangkat tersebut. Masalah umum yang sudah banyak dialami oleh banyak orang adalah kondisi layar laptop yang terdapat garis tertentu. Hal ini bisa diperbaiki jika laptop dibawa ke service center terdekat. Bagi yang ingin memperbaiki masalah yang sama, alangkah baiknya simak terlebih dahulu mengenai perkiraan biaya memperbaiki layar laptop bergaris berdasarkan penyebab dan kendalanya :

1. Masalah Ringan Dengan Biaya Rp.150.000

Biaya perbaikan sekitar Rp.150.000 ini biasanya akan diminta untuk memperbaiki perangkat dengan masalah ringan. Adapun masalah ringan yang terjadi pada laptop biasanya dapat diatasi dengan melakukan install ulang sistem yang mengalami masalah.

Sistem bermasalah inilah yang bisa membuat layar laptop menjadi error dan muncul garis-garis yang mengganggu. Kapasitas memori yang penuh juga dapat menyebabkan masalah pada laptop sehingga membutuhkan perbaikan dengan install ulang.

2. Laptop Hang Dan Membutuhkan Biaya Rp.250.000

Adapun perbaikan laptop yang membutuhkan biaya berkisar kurang lebih Rp.250.000-an ini biasanya dialami perangkat dengan masalah yang tidak terlalu berat. Hal ini juga masih berkaitan dengan sistem operasi laptop yang mengalami kegagalan ketika perangkat memulai booting. Laptop yang mengalami error dimana layar tidak bisa bergerak dan sistem operasi terhenti juga dapat menyebabkan munculnya garis yang mengganggu pada layar.

Kendala yang terjadi seperti beberapa hal tersebut dapat diatasi dengan memakan waktu dari 1-3 hari untuk diperbaiki. Kecepatan perbaikan laptop juga bergantung pada tingkat kesulitan perbaikan masalah pada sistem dan layanan dari service center yang dituju.

3. Error Pada Sistem Dengan Biaya Hampir Rp.500.000

Masalah layar yang muncul garis-garis tertentu pastinya akan sangat mengganggu bagi pengguna yang ingin menggunakan perangkat laptop tersebut. Adapun perkiraan biaya memperbaiki layar laptop bergaris ini dapat mencapai sekitar Rp.500.000 berdasarkan masalah yang terjadi pada perangkat. Biaya perbaikan dengan harga tersebut biasanya akan dibutuhkan untuk memperbaiki masalah laptop yang cukup berat.

Adapun beberapa kendala pada layar yang membutuhkan biaya perbaikan dengan harga tersebut biasanya berupa gangguan garis-garis hingga layar tidak bisa menyala. Masalah seperti ini biasanya berhubungan dengan mesin sehingga membutuhkan biaya perbaikan dengan harga yang lumayan besar. Hal tersebut biasanya membutuhkan tenaga ahli di bidang ini untuk memperbaiki kendala agar laptop dapat digunakan kembali.

4. Kerusakan VGA Yang Membutuhkan Biaya Hampir Rp.1.000.000

Dalam beberapa kasus masalah pada layar perangkat seperti laptop biasanya membutuhkan biaya perbaikian yang besar dan dapat mencapai hingga Rp.1.000.000. Kendala yang terjadi pada laptop apabila membutuhkan biaya sebesar ini biasanya dapat terjadi yang disebabkan kerusakan pada komponen tertentu. Adapun komponen yang dapat berhubungan dengan kendala ini biasanya terjadi pada bagian VGA perangkat.

Perbaikan pada bagian VGA memang biasanya membutuhkan keterampilan khusus seperti tenaga ahli di bidang ini. Biaya perbaikan apabila terjadi kendala pada komponen tersebut memang besar karena perangkat membutuhkan komponen baru sehingga pembelian komponen VGA baru juga dibutuhkan saat perbaikan.

5. Masalah Pada LCD Dengan Biaya Lebih Dari Rp.1.000.000

Kendala pada layar yang terdapat garis yang muncul juga bisa mencapai hingga lebih dari Rp.1.000.000. Biaya tersebut biasanya dibutuhkan bagi perangkat yang mengalami kendala parah sehingga membutuhkan perbaikan besar. Adapun penyebab mahalnya biaya perbaikan kendala seperti ini biasanya disebabkan kerusakan di bagian LCD sehingga membutuhkan pergantian komponen yang baru. Biaya LCD setiap perangkat bisa berbeda dan tergantung dengan spesifikasi perangkat.

Informasi di atas merupakan perkiraan berapa biaya memperbaiki layar laptop bergaris yang dapat diperkiraan sebelum membawa perangkat ke service center. Harga diatas sebenarnya bukan merupakan harga pasti namun dapat dijadikan referensi untuk menyiapkan biaya yang dibutuhkan agar dapat memperbaiki kendala pada laptop. Besarnya biaya yang dikeluarkan nantinya tergantung dengan masalah yang terjadi pada laptop yang digunakan.

Baca juga: Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 7 dan Manfaat Layar yang Redup

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment