cara shutdown laptop dengan keyboard

Mudah! Begini Cara Shutdown Laptop dengan Keyboard Melalui Kombinasi Tombol

Asus ROG Strix G15

Laptop merupakan perangkat yang dibekali dengan touchpad untuk menggerakkan kursornya. Pengguna juga dapat memanfaatkan mouse tambahan agar dapat menggerakkan kursor lebih leluasa. Keberadaan penggerak kursor ini sangatlah penting dalam menjalankan aktivitas pada laptop. Jika touchpad tidak berfungsi, aktivitas dapat dilakukan dengan memanfaatkan keyboard termasuk cara shutdown laptop dengan keyboard  melalui kombinasi tombol.

Mematikan perangkat laptop dengan kursor adalah hal yang umum dilakukan. Pengguna hanya perlu mengarahkan kursor pada menu start lalu tekan shut down untuk mematikannya. Sebenarnya, memanfaatkan keyboard untuk mematikan laptop  terbilang lebih ringkas dan hemat waktu. Dengan beberapa kombinasi tombol pada keyboard, laptop dapat otomatis mati. Ketahui kombinasi tombol tersebut dalam uraian berikut.

Matikan Laptop dengan Bantuan Keyboard

Jika terdapat masalah pada touchpad namun laptop belum dimatikan, beberapa orang memilih untuk menekan tombol power secara langsung. Ternyata cara ini merupakan tindakan yang keliru. Laptop lambat laun akan rusak karena software dan motherboard-nya terganggu. Untuk itu, berikut cara shutdown laptop dengan keyboard yang bisa dipelajari:K

1. Kombinasi Tombol ALT dan F4

Tombol pertama yang dapat dikombinasikan untuk mengaktifkan shut down adalah ALT dan F4. Caranya, tekan tombol ALT tanpa melepaskan jari dan langsung tekan F4. Dengan begitu sistem akan memunculkan pilihan untuk mematikan laptop. Pengguna bisa menekan tombol enter agar pilihan shut down tersebut bekerja.K

2. Kombinasi Tombol Windows dan U

Jangan khawatir jika laptop pengguna masih dalam sistem operasi Windows XP. Pilihan mematikan laptop dengan keyboard kali ini dapat dijalankan pada sistem operasi tersebut. Tekanlah tombol Windows pada keyboard lalu ketikkan huruf U sebanyak 2 kali. Dengan cara tersebut laptop dapat mati dengan sendirinya.

3. Kombinasi Tombol CTRL, ALT dan Delete

Ketika laptop mengalami hang, mematikannya dengan kombinasi tombol ini aman dilakukan tanpa merusak sistem di dalamnya. Tekanlah secara bersamaan tombol CTRL, ALT dan Delete agar sistem memunculkan pilihan baru. Dengan tombol panah, pilih shut down dan laptop akan mati.

4. Memanfaatkan Tombol Windows

Cara kali ini merupakan cara yang sama seperti saat pengguna mematikan laptop dengan kursor. Hanya saja, fungsi kursor digantikan dengan keyboard. Tekanlah tombol Windows dan pilih shut down menggunakan tombol naik turun yang ada pada keyboard. Laptop akan mati setelah menutup seluruh program.

Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Laptop Dimatikan

Mematikan laptop dengan keyboard tentu sama amannya dengan mematikan laptop melalui kursor. Alih-alih menekan tombol power atau mencabut baterainya, gunakanlah salah satu cara di atas agar laptop tidak cepat rusak. Sebelum dimatikan, hal-hal berikut perlu diperhatikan agar laptop tetap awet:

1. Pastikan Seluruh Program Telah Ditutup

Jika ada dokumen yang masih terbuka saat laptop dimatikan, besar kemungkinan data dalam dokumen tersebut hilang. Untuk itu, simpanlah terlebih dahulu datanya dan tutup dokumen satu persatu. Hal ini akan mencegah terjadi error atau risiko kehilangan data saat dibuka kembali.

2. Bersihkan Cache dari Penggunaan Internet

Saat browser ditutup, jangan lupa untuk membersihkan cache-nya terlebih dahulu sebelum laptop dimatikan. Cache yang menumpuk lambat laun akan membuat performa laptop menurun dan tidak optimal. Bersihkan cache secara berkala agar laptop selalu sehat.

3. Cabut Flashdisk atau USB yang Masih Tersambung

Hal penting lainnya sebelum laptop dimatikan adalah mencabut perangkat yang masih terpaut pada laptop seperti flashdisk maupun USB. Jika tidak, risiko kerusakan pada kedua perangkat tersebut bisa muncul. Laptop pun akan ikut terkena dampaknya.

Itu tadi beberapa cara shutdown laptop dengan keyboard yang mudah dilakukan. Dengan mengetahui hal di atas, kebiasan mematikan laptop dengan menekan tombol power secara langsung harus mulai dihindari. Dengan begitu, laptop dapat bertahan lebih lama untuk penggunaan jangka panjang.

Baca juga: 3 Rekomendasi Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik Paling Mudah

Rate this post
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment