cara mengembalikan layar laptop yang terbalik

3 Rekomendasi Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik Paling Mudah

Asus ROG Strix G15

Laptop dan komputer memang memiliki berbagai fitur di dalamnya yang seringkali tidak disadari fungsinya oleh pemiliknya. Oleh karena itu, banyak hal yang dapat terjadi ketika penggunanya salah menekan tombol kombinasi atau klik hal tertentu yang tidak disadari. Misalnya layar yang terbalik, sehingga penggunanya harua mencari cara mengembalikan layar laptop yang terbalik seperti semula.

Tampilan untuk mengubah layar terbalik ini mungkin juga akan membantu pengguna ketika ingin menunjukkan sesuatu tanpa perlu memutar laptopnya. Langsung saja simak yuk penjelasan berikut ini mengenai cara mengembalikan layar laptop yang terbalik paling mudah sebagai berikut:

Memanfaatkan Keyboard untuk Mengembalikan Layar

Rekomendasi cara mengembalikan layar laptop yang terbalik yang pertama adalah dengan memanfaatkan kombinasi tombol di keyboard agar layar kembali semula. Biasanya pengguna tidak menyadari bahwa keyboard merupakan penyebab layar terbalik. Akan tetapi, untuk mengembalikannya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Kembalikan laptop ke layar utama dan close seluruh aplikasi sebagai langkah preventif agar dokumen tetap aman.
  • Selanjutnya coba tekan kombinasi tombol Alt, Shift, dan tanda panah atas secara bersamaan. Ketika langkah ini belum berhasil, coba ulangi dengan menekan keempat panah secara bergantian. Jangan lupa untuk menekannya secara bersamaan agar berhasil.
  • Kombinasi tombol Alt, Shift, dan tanda panah atas akan mengembalikan posisi layar berputar ke arah normal. Di sisi lain, fungsi kombinasi yang sama dengan tanda berbeda arah akan menghasilkan efek yang berbeda. Oleh karena itu, jika tidak berhasil maka dapat mencoba melakukannya dengan kombinasi tanda panah arah lain sesuai posisi layar.
  • Setelah berhasil mengembalikan layar ke posisi semula, coba buka aplikasi dan lanjutkan aktivitas untuk melihat hasilnya lebih jauh.

Mengunjungi Menu Desktop

Selanjutnya ada cara mengembalikan layar laptop yang terbalik dengan mengunjungi menu desktop. Cara ini dapat dilakukan apabila fungsi keyboard tidak berhasil meskipun sudah mencoba menekan kombinasi tombol secara bersamaan. Untuk dapat berhasil, ikuti cara berikut ini agar layar dapat kembali ke posisi semula yaitu:

  • Kunjungi menu desktop dengan cara klik kanan pada halaman awal layar komputer. Seperti sebelumnya akan lebih baik untuk close aplikasi lainnya agar tidak mengganggu.
  • Kemudian cari menu graphic option dan klik rotation dalam pilihan menu di dalamnya. Setelah menemukannya, kunjungi menu tersebut.
  • Selanjutnya pengguna akan menemukan berbagai pilihan menu untuk mengatur tampilan layar antara lain rotate to normal hingga 270 degrees. 
  • Klik salah satu pilihan yang diinginkan sesuai dengan tampilan layar yang dibutuhkan dan close menu.
  • Cek dan coba buka aplikasi apakah sudah berubah dengan sempurna, jika sudah maka posisi layar berhasil dikembalikan.

Menggunakan Display Properties

Rekomendasi berikutnya masih menggunakan fitur yang ada pada laptop yaitu display properties. Fitur ini akan mengubah tampilan layar yang biasanya ada pada pengaturan di sistem operasi Windows XP. Tidak perlu menunda waktu dan langsung simak caranya berikut ini:

  • Kunjungi menu display properties atau tidak ada, maka pilih screen resolution yang ada pada menu Properties.
  • Cari untuk mengubah tampilan layar dalam menu change the appearance of display dan pilih jenis orientasi yang diinginkan. Arah orientasi mulai dari landscape, portrait, hingga flipped.
  • Pilih salah satu dan klik ok jika sudah selesai.
  • Tunggu prosesnya dan close aplikasi tersebut.
  • Lakukan pengecekan terakhir apakah layar berfungsi normal atau tidak.

Nah, itulah beberapa rekomendasi cara mengembalikan layar laptop yang terbalik untuk dilakukan penggunanya. Tidak perlu panik atau khawatir karena layar terbalik bukan kerusakan, melainkan salah satu fitur yang ada pada laptop. Selain itu, fitur ini juga dapat bermanfaat untuk berbagai hal. Demikian penjelasan kali ini dan semoga akan membantu mengembalikan layar laptop yang dimiliki.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

1/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment