cara capture layar laptop

3 Cara Capture Layar Laptop Untuk Windows dan MacOS

Asus ROG Strix G15

Fitur screen capture atau screenshot memang seringkali dibutuhkan, namun bagi pengguna laptop fitur ini tidak seperti di smartphone yang hanya perlu disentuh saja. Berbeda dengan hal itu, pengguna laptop biasanya mencari cara capture layar laptop di Google. Akan tetapi, jangan sedih karena permasalahan tersebut dapat diatasi karena pembahasan kali ini akan menjelaskan topik tersebut.

Bagi pengguna yang belum terbiasa, hasil foto screen capture akan tersimpan di folder gambar kemudian cari file screenshot. Bahkan ada beberapa cara yang dapat langsung menyalin gambar yang di capture ke internet dengan mudah. Tidak perlu mencari-cari lagi dan langsung ikuti saja yuk penjelasan di bawah ini mengenai cara capture layar laptop sebagai berikut:

Menggunakan Fungsi Keyboard Prt Sc Sysrq

Cara capture layar laptop yang pertama adalah dengan menggunakan fitur keyboard sysrq yang ada disamping tombol Insert. Terdapat beberapa cara kombinasi untuk menggunakan tombol ini, jadi dapat mencobanya jika belum berhasil dengan cara sebelumnya. Secara keseluruhan, cara dan penyimpanan juga serupa, untuk melakukan screen capture yuk ikuti langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi yang ingin dilakukan screen capture. Akan lebih baik jika posisinya tidak setengah layar, namun full satu layar agar lebih terlihat.
  • Ketika sudah membukanya, lanjutkan dengan menekan tombol kombinasi.
  • Untuk kombinasi pertama yaitu tekan Windows dan Prt Sc Sysrq secara bersamaan, jika belum berhasil coba kombinasi kedua.
  • Cara lain adalah dengan menekan Fn dan Prt Sc Sysrq secara bersamaan.
  • Lakukan pengecekan pada folder Pictures dan cari file screenshot. Alternatif pengecekan lain adalah dengan menekan kombinasi Ctrl dan V yang dapat dilakukan di Microsoft Word.
  • Langkah selesai dan dapat digunakan untuk screen capture pada lain waktu.

Memanfaatkan Fitur Di Game Bar

Sebenarnya ada beberapa laptop yang mungkin tidak cocok jika diberikan cara capture layar laptop sebelumnya. Pasalnya tidak semua keyboard memiliki tombol Prt Sc Syrsq, jadi ada alternatif cara lain yang dapat digunakan dan berhasil pada Windows 10. Simak langsung caranya yang akan dijelaskan dalam beberapa langkah antara lain:

  • Pertama mulai buka permainan yang ada pada menu cepat Start di XBox Console Companion Program.
  • Kemudian tekan kombinasi pada keyboard yaitu Windows dan G secara bersamaan.
  • Akan muncul icon seperti gambar kamera di bagian layar lalu klik icon tersebut. Secara langsung layar akan otomatis melakukan screen capture, ketika pengguna menekan icon tersebut.
  • Ketika belum berhasil, maka dapat menekan F11 sebagai cara untuk melakukan screen capture.

Melakukan Screen Capture Di Sistem Operasi MacOS

Ketika sebelumnya dibahas mengenai cara melakukan screen capture di sistem operasi Windows maka selanjutnya adalah untuk laptop MacOS. Ada beberapa langkah untuk screen capture untuk laptop istimewa ini seperti:

  • Buka aplikasi yang diinginkan untuk screen capture lalu kalik kombinasi tombol pada keyboard.
  • Secara bersamaan, tekan Shift, Command yang bersimbol seperti bunga, dan angka 5.
  • Kemudian akan muncul notifikasi perintah pada layar.
  • Pilih menu Options pada notifikasi tersebut jika baru menggunakannya pertam akali untuk mengatur beberapa hal. Contohnya seperti mengatur tempat penyimpanan, waktu selisih dari pemilihan tombol, dan sebagainya.
  • Terakhir klik Capture untuk melakukan tangkapan layar dan selesai. Cek pada folder penyimpanan yang dipilih sebelumnya.

Nah itu adalah beberapa jenis cara capture layar laptop yang dapat dilakukan oleh pengguna dan dapat langsung dicoba saja. Ada beberapa jenis laptop yang memiliki tanda seperti layar berkedip ketika dilakukan screen capture, namun ada juga yang tidak. Untuk mengetahui sudah dilakukan screen capture atau belum, maka dapat mengeceknya di bagian penyimpanan gambar dahulu.

Baca juga: Langkah Membersihkan Layar Laptop, Saran dan Pantangannya

Rate this post
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment