Ingin bisnis Anda makin berkembang lewat internet

Ingin Kembangkan Bisnis Lewat Internet? Yuk Buat Toko Online!

Asus ROG Strix G15

Ingin bisnis Anda makin berkembang lewat internet? Rekomendasi terbaiknya adalah buat toko online dulu. Alasannya, website toko online memberikan lebih banyak keleluasaan kalau dibandingkan platform lain seperti marketplace dan media sosial.

Sebagai contoh, Anda bisa mengatur tampilan toko sesuai keinginan dan bebas memilih metode pembayaran serta menentukan ongkos kirim.

Itu baru beberapa manfaat saja, masih banyak yang lain. Ingin tahu kelebihan lainnya dan apa saja yang diperlukan untuk buat toko online? Simak di artikel ini!

Pengertian Toko Online

Sesuai dengan namanya, toko online adalah website yang memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas jual beli.

Cara kerja toko online kurang lebih sama dengan marketplace. Bedanya, Anda bisa mengatur seluk-beluk penggunaannya sesuai keinginan. 

Jadi, Anda bisa menentukan hal-hal seperti metode pembayaran, promo, serta syarat dan ketentuan.

Untuk bisa memanfaatkannya, Anda harus buat toko online dulu dengan platform yang mudah digunakan, contohnya WordPress. Kemudian, Anda bisa menambahkan plugin ecommerce dan payment gateway untuk menjadikan website tersebut tempat jual beli produk yang mudah.

Lebih jauh, dengan toko online, Anda jadi bisa melakukan hal berikut dengan lebih efektif:

  • Melakukan manajemen produk
  • Menyimpan data transaksi
  • Menghitung biaya kirim secara otomatis
  • Mengelola akun konsumen
  • Menentukan cara pembayaran

Semua hal di atas semakin menunjukkan keunggulan dari toko online dibanding platform jualan online lain, bukan?

Manfaat Buat Toko Online untuk Bisnis

Toko online menawarkan beberapa manfaat, termasuk:

Lebih Mudah Muncul di Pencarian Google

Di marketplace tidak banyak cara agar toko Anda muncul di hasil pencarian. Pilihannya Anda akan menggunakan fitur paid promote yang mengharuskan Anda untuk membayar.

Nah, dengan website toko online, Anda menerapkan bisa menerapkan optimasi search engine optimization atau SEO dengan gratis. Kalau langkah yang dilakukan tepat, website Anda bisa lebih mudah muncul di peringkat teratas pencarian Google dan ditemukan konsumen. 

Untungnya lagi, penerapan SEO mudah dipelajari bahkan oleh pemula sekalipun.

Mendapatkan Keleluasaan Lebih dibanding Marketplace

Marketplace memang praktis, tetapi memiliki beberapa keterbatasan. Semua hal itu mampu diatasi dengan memiliki toko online. Apa saja?

Pertama, tampilan toko di marketplace tidak bisa diubah. Jadi toko Anda akan terlihat sama dengan penjual produk lainnya. Dengan website toko online, Anda bebas membuat desain toko sendiri.

Kedua, strategi promosi yang Anda lakukan harus mengikuti ketentuan yang dibuat marketplace sehingga menghambat Anda untuk memaksimalkan pendapatan. Kalau menggunakan toko online, semua promosi bisa Anda atur sendiri.

Ketiga, Anda harus rela menghadapi persaingan di marketplace yang ketat hingga akan terperangkap dalam perang harga dan laba yang kecil. Toko online memungkinkan Anda tampil beda sehingga tidak harus melakukan perang harga. 

Memudahkan Anda untuk Memantau Performa Toko

Anda tentu ingin tahu kondisi bisnis online yang dijalankan. Sayangnya, marketplace tidak menawarkan fitur yang memudahkan Anda untuk melakukannya.

Kalau punya toko online sendiri. Anda cukup menghubungkan website dengan Google Analytics untuk mengetahui jumlah pengunjung website, waktu yang mereka habiskan, dan aktivitas mereka di toko Anda.

Selain itu, Anda juga akan tahu data terkait performa bisnis, termasuk:

  • Daftar produk yang paling sering dibeli
  • Statistik pendapatan
  • Produk apa saja yang terjual melalui promo

Menarik, bukan? Lalu, bagaimana cara membuat website toko online sendiri, ya?

Apa Saja yang Diperlukan untuk Buat Toko Online?

Ada beberapa hal penting yang harus Anda dapatkan agar bisa buat toko online, yaitu:

Hosting

Ini adalah tempat untuk menjalankan website toko online dan menyimpan datanya. Untuk mendapatkan hosting, Anda bisa membelinya melalui penyedia layanan hosting.

Domain

Alamat website toko online Anda, misalnya tokoku.com atau tokoku.co.id. Konsumen tinggal mengetikkan domain tersebut untuk mengakses toko Anda.

WordPress

Platform untuk membuat toko online yang mudah untuk digunakan. Untuk menggunakan WordPress, Anda tinggal menginstalnya di hosting, bahkan dengan sekali klik.

Plugin ecommerce

Komponen yang diinstal di WordPress untuk membuat dan mengelola toko online. Ada beberapa plugin ecommerce yang bisa Anda dapatkan secara gratis, seperti WooCommerce yang terkenal akan kemudahannya.

Plugin payment gateway

Komponen yang diinstal di WordPress untuk menentukan cara pembayaran. Anda juga bisa mendapatkan plugin payment gateway secara cuma-cuma. Contohnya adalah TriPay Payment Gateway.

Tema toko online

Tampilan yang Anda berikan untuk toko online. WordPress sendiri memiliki ribuan tema gratis, jadi Anda bebas memilih.

Ingin Buat Toko Online? Gunakan Hosting yang Mumpuni!

Buat toko online dulu, cuan kemudian. Itulah yang akan terjadi kalau Anda mulai memanfaatkan website sebagai pengganti marketplace. Selain punya banyak keunggulan, cara membuatnya juga mudah.

Yang perlu diingat, supaya toko online Anda bisa selalu diakses dengan cepat, gunakan hosting dengan kualitas yang baik. Untuk toko online yang nantinya akan menangani banyak pengunjung, VPS Indonesia terbaik dari Niagahoster adalah pilihan yang tepat. Selain menawarkan kecepatan tinggi dan penyimpanan besar, hosting ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment