Strategi Pemasaran SMS Gateway

Strategi Pemasaran dengan Memanfaatkan SMS Gateway

Asus ROG Strix G15

Strategi Pemasaran SMS Gateway – Sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dan juga kelebihan aplikasi SMS Gateway untuk marketing. Pada topik kali ini, kita akan membahas lebih mendalam mengenai strategi untuk memaksimalkan pemasaran tersebut. Seperti yang diketahui, pemasaran merupakan jantung sebuah perusahaan, artinya hidup matinya sebuah usaha tergantung strategi marketing yang dilakukan.

Mengapa strategi pemasaran masih perlu untuk dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini? Menurut survey, hampir setiap orang dalam satu rumah memiliki setidaknya satu telepon seluler yang digunakan sebagai media komunikasi. Itu artinya setiap orang akan menggunakan layanan SMS dari beberapa provider yang ada di Indonesia. Bukankah hal ini menjadi potensi yang sangat baik untuk dimanfaatkan?

Langkah Tepat Strategi Pemasaran Menggunakan SMS Gateway

Seperti halnya pemasaran menggunakan media online, dengan SMS Gateway juga harus memikirkan langkah yang tepat agar mendapatkan hasil yang optimal. Hal penting yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan konten yang akan dikirimkan kepada pelanggan, selanjutnya berikut adalah beberapa langkah penting untuk menunjang kesuksesan promosi yang dilakukan.

Memilih Aplikasi SMS Gateway

Sebelum melakukan tindakan apapun, ada baiknya anda menentukan layanan SMS Gateway yang akan digunakan. jika tidak bisa membuat aplikasi sendiri, anda bisa menggunakan layanan yang sudah banyak tersebar di internet. Pilih layanan yang memberikan fitur lengkap dan juga server yang memadai agar tidak terjadi gangguan pada saat pengiriman.

Buat Konsep Pemasaran

Selanjutnya anda bisa membuat konsep apa yang harus dijalankan dalam pemasaran tersebut. hal ini terkait dengan konten yang ada pada SMS yang akan dikirimkan. Gunakan konsep yang sederhana dan mudah dipahami oleh audience, serta manfaatkan 160 karakter yang tersedia dengan membahas poin-poin penting.

Tentukan Tujuan

Marketing tidak hanya untuk menjual produk saja, ada beberapa tujuan lainnya seperti hanya mengenalkan produk baru, meningkatkan penjualan atau mencari pelanggan setia. Konsep tersebut akan menuntun langkah anda untuk membuat konten yang relevan.

Menentukan Target

Siapa target dari promosi anda? Hal ini merupakan langkah penting agar anda tidak salah sasaran. Misalkan anda melakukan promosi produk kosmetik, maka target seharusnya adalah wanita dengan usia rata-rata antara 17 tahun – 35 tahun.

Tentukan Waktu Pengiriman

Tidak semua konsumen aktif dan selalu memegang ponsel, ada saat-saat tertentu yang ketika itu mereka selalu menggunakan ponselnya. Menentukan waktu pengiriman SMS adalah langkah wajib yang harus dilakukan agar pada saat itu juga konsumen membuka pesan yang terkirim. Sedikit tips, gunakan waktu luang yang umumnya dipunyai setiap orang seperti sore hari atau waktu jam makan siang.

Strategi CTA (Call to Action)

Dalam konten yang anda buat, tentunya tidak menarik jika hanya menggunakan bahasa yang baisa saja tanpa memancing rasa penasaran mereka. Gunakan CTA agar mereka bisa langsung melakukan action pada saat itu juga.

Lebih baik hindari CTA berupa link yang panjang atau tidak dikenal karena bisa jadi konsumen menganggap bahwa itu adalah link virus atau malware.Dalam hal ini, ada baiknya anda memasukkan nomor kontak atau link media sosial yang sudah mereka kenal sebelumnya.

Pertahankan Konsistensi

Satu strategi tidak dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu marketing. Anda perlu konsisten untuk memberikan konten yang lain, tentu dengan catatan tidak melakukan spamming. Langkah ini juga sangat bagus untuk menjalin hubungan dengan pelanggan lama dan meningkatkan loyalitas mereka.

Lakukan Monitoring Berkala

And tidak akan tahu apakah strategi yang dilakukan tersebut berhasil atau tidak, untuk itu ada baiknya anda melakukan analisa dan monitoring untuk melihat tingkat keberhasilan. Jika memang sudah baik, silahkan pertahankan, namun apabila kurang efektif, anda bisa mengubah strategi yang dijalankan.

Itulah beberapa langkah dan strategi marketing dengan menggunakan layanan SMS Gateway murah. Sudah siapkah anda mengembangkan usaha dengan strategi ini?

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment