spesifikasi asus a412fa

Ketahui Spesifikasi Asus A412FA Berikut Sebelum Membelinya!

Asus ROG Strix G15

Pada tanggal 21 juni 2019, Asus Indonesia telah resmi meluncurkan produk seri laptop terbarunya. Produk tersebut bernama Vivobook Ultra A412FA atau yang lebih dikenal dengan Asus A412FA. Spesifikasi Asus A412FA ini lumayan bagus. Ditambah lagi dengan harganya yang ramah di kantong, membuat seri laptop ini semakin melekat di hati warga Indonesia.

Asus A412FA mempunyai empat variasi warna, yaitu silver, slate gray, peacock blue, dan coral crush. Dimensinya yang ramping serta warnanya yang colorful sepertinya merupakan andalan Asus untuk menarik minat anak muda. Namun selain maksimal dalam hal penampilan, seri laptop dari pabrik asal Taiwan ini juga bagus dalam hal spesifikasi. Berikut adalah penjelasannya:

1. Layar

Meskipun layar dari Asus A412FA ini menggunakan panel TN, namun resolusi yang digunakan sudah full HD alias 1920 x 1080. Berdasarkan pemeriksaan dengan SPYDER, layar laptop ini mempunyai sRGB 59%, NTSC 42%, Adobe RGB 44%, dan P3 43% setelah dikalibrasi. Tak hanya itu, panel layar 14 inch yang digunakan laptop ini adalah buatan BOE dengan seri NT140FHM-N44.

Berbagai spesifikasi tersebut, membuat layar ini cukup nyaman digunakan untuk aktivitas menonton film, browsing, ataupun mengerjakan tugas lainnya. Namun pandangannya harus dari arah yang sejajar karena panel TN mempunyai viewing angle yang lebih sempit dibanding IPS.

2. Baterai

Asus VivoBook ini menggunakan kapasitas baterai yang bisa dibilang cukup kecil, yaitu 37 Whr saja. Untuk processor yang rendah daya, kapasitas ini memang sudah mencukupi bagi aktivitas komputasi penggunanya. Berdasarkan pengujian dengan PCMark 10 Modern Office, baterai laptop ini bisa bertahan hingga 7 jam 23 menit dalam penggunaan standar.

3. Webcam

Webcam yang digunakan beresolusi 720p dengan frame rate 30 fps, tanpa support Windows Hello, dan aspect ratio 16:9. Masih ada noise yang akan terekam dan gambarnya pun juga kurang tajam. Namun spesifikasi Asus A412FA ini sudah termasuk lumayan bagus, mengingat harganya yang sangat terjangkau. Jika akan digunakan untuk teleconference, maka sangat disarankan untuk menggunakannya di ruang bercahaya terang.

4. Penyimpanan

Mungkin dari semua spesifikasi Asus A412FA ini, kebanyakan orang akan kurang puas dengan penyimpanannya yang masih menggunakan HDD. Namun meskipun booting HDD cukup lama, kapasitas HDD pada Asus A412FA ini sangat besar, yaitu 1 TB 5400 RPM. Kapasitas ini mengurangi masalah pengguna ketika harus menyimpan data yang besar.

Berdasarkan CrystalDiskMark, kecepatan baca dan tulisnya tercatat sekitar 117,4 MB/s dan 110 MB/s. Namun berdasarkan AS SSD, kecepatan baca dan tulisnya adalah 93,37 MB/s dan 85,92 MB/s. Untuk experience-nya, HDD yang digunakan laptop ini memang tidak sememuaskan SSD. Namun tenang saja karena pengguna dapat melakukan upgrade pada storage-nya.

5. Performa

Asus A412FA menggunakan processor Intel Pentium Gold 5405U. Ini adalah processor dual-core yang dibangun berdasarkan arsitektur Whiskey Lake. Untuk mendukung kinerja kedua inti-nya, 5405U dilengkapi dengan fitur Hyper-Threading yang berjalan pada 2.3 GHz tanpa Turbo Boost. Jadi, performanya memang bukan untuk menjalankan aplikasi yang berat-berat.

Perhatikan juga bahwa Pentium Gold 5405U ini bukan processor yang digunakan untuk merender 3D. Oleh sebab itu, laptop ini lebih cocok untuk menjalankan aplikasi berbasis Office dan mengakses internet dengan browser populer.

Nah, jadi itulah tadi spesifikasi Asus A412FA yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum membelinya. Meskipun laptop ini memiliki beberapa kekurangan, namun spesifikasi tersebut sudah sangat lumayan. Apalagi dengan harganya yang sangat ramah, yaitu hanya sekitar Rp 5 jutaan saja. Selain itu, pengguna juga bisa meng-upgrade sendiri spesifikasi tersebut apabila dirasa kurang. Namun dengan biaya tambahan tentunya.

Baca Juga: Review Asus Zenbook Duo UX481F, Cek Harga dan Spesifikasinya!

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment