software kompres video

Rekomendasi Software Kompres Video Dengan Resolusi Terbaik

Asus ROG Strix G15

Software Kompres Video – Saat ini terdapat banyak software kompres video yang dapat diunduh secara gratis ataupun berbayar. Tersedianya beragam fitur semakin memudahkan pengguna untuk menghasilkan video dengan kualitas terbaik sebelum di upload ke media sosial. Namun biasanya video dengan kualitas atau resolusi tinggi memiliki ukuran yang besar.

Tapi tak perlu khawatir, karena masalah ukuran resolusi ini dapat diperkecil dengan melakukan kompres video. Dengan menggunakan aplikasi kompres video, pengguna hanya perlu mengurangi ukuran video berupa bitrate dan frame rate video tanpa mengurangi kualitasnya. Berikut ini deretan aplikasi kompres video dengan resolusi tajam yang dapat digunakan secara gratis.

5 Software Kompres Video Dengan Resolusi Terbaik

Video Compressor dan Editor

Urutan pertama software kompres video gratis adalah video compressor dan editor. Bisa dikatakan jika software yang satu ini termasuk dalam kualitas terbaik dengan memberikan resolusi tajam. Pengguna juga bisa menyesuaikan kompres video sesuai dengan yang dibutuhkan seperti berikut ini:

Cara penggunaannya terbilang cukup mudah dimana pengguna hanya perlu memilih beberapa video yang akan dikompres. Pengguna bisa mengubah ukuran. Lalu tinggal ikuti berbagai pemerintah yang disediakan seperti start untuk memulai proses kompres serta save di akhir proses kompres video.

Baca juga : Software Bahasa Pemrograman

Software VLC Media Player

Aplikasi ini merupakan salah satu software kompres video yang hampir dimiliki oleh semua platform mobile ataupun desktop. Aplikasi ini memungkinkan seorang pengguna untuk dapat mengkompres video dengan berbagai ukuran melalui menu convert.

Langkah cara penggunaannya, pertama adalah dengan mengklik ikon convert pada jendela Open Media. Lalu tambahkan video yang akan dikompresi melalui tombol add. Sebelum mengklik edit profile, pastikan untuk menentukan lokasi penyimpanan file. Barulah masukkan ukuran bitrate video dan klik tombol start untuk memulai proses mengkompres video.

Aplikasi QwinFF

Aplikasi kompres video QwinFF menawarkan berbagai fitur menarik untuk format penyimpanan video. Misalnya saja terdapat format MP4, AVI, FLV dan lainnya. Aplikasi yang satu ini menggunakan parameter bitrate video dalam melakukan kompres video serta memungkinkan untuk melakukan kompres video batch.

Cara penggunaannya, langkah pertama adalah dengan mengklik tombol add file guna menentukan video yang akan dikompres. Pada jendela add task, klik next dan tentukan output video. Kemudian pilih tombol edit untuk menentukan bitrate video serta dapat mengubah resolusi daripada video.

Klik finish dan video akan tersimpan. Lalu langkah terakhir adalah dengan mengklik tombol start untuk memulai kompres video.

Baca juga : Cara Share Video di Zoom Meeting

Video Dieter 2

Software kompres video ini umumnya sering digunakan bagi para pengguna Android. Lantaran ukuran yang ringan pas dipasang pada ponsel. Menariknya, pengguna bisa juga memilih berbagai kualitas video tertinggi hingga terendah disesuaikan dengan selera.

Cara penggunaannya, setelah membuka aplikasi kemudian pilih video yang akan dikompres. Pengguna bisa memilih standar kualitas video yang akan dikompres ataupun rasio berupa resolusi file ataupun beberapa fitur edit sederhana lainnya. Untuk mulai mengkompres video cukup klik pada lingkaran kuning dan tunggu hingga proses selesai.

Format Factory

Aplikasi kompres video terakhir adalah Format Factory yang membebaskan pengguna  mengubah berbagai jenis file berupa audio maupun file gambar. Pengguna bisa menentukan pengaturan kompres video dengan mengubah ukuran layar resolusi. Kelebihannya dapat langsung dikirim ke ponsel begitu proses kompres selesai.

Langkah penggunaannya, pada halaman utama aplikasi klik bagian video untuk mulai memformat mengkompres video. Untuk memilih ukuran kualitas dapat dengan mengklik menu mobile device. Langkah berikutnya atur lokasi penyimpanan pada pilihan output folder. Begitu video telah muncul di menu file maka klik menu start untuk mulai melakukan konversi.

Itulah 5 rekomendasi software kompres video yang ringan dan gratis. Beberapa aplikasi juga menawarkan untuk mengkompres lebih dari satu file video secara bersamaan. Pengguna dapat memilih video untuk dipisah, dipotong maupun digabung yang disesuaikan dengan kebutuhan.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment