cara share video di zoom meeting

Langkah Cara Share Video di Zoom Meeting dengan Mudah

Asus ROG Strix G15

Cara Share Video di Zoom Meeting – Meeting online sudah menjadi hal yang lazim di tengah masa pandemi. Salah satu platform yang sering digunakan adalah Zoom. Platform Zoom memiliki berbagai fitur yang dapat membuat meeting lebih menarik, salah satunya adalah fitur share video. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan dan hanya terdiri dari beberapa langkah saja. Berikut cara share video di zoom meeting dengan mudah:

5 Langkah Cara Share Video di Zoom Meeting dengan Mudah

Memastikan Video telah Tersimpan di Perangkat

Hal pertama yang harus dipastikan adalah video telah tersimpan di perangkat yang digunakan. Perangkat yang digunakan dapat berupa smartphone, laptop, atau juga PC. Video dapat dipindahkan dari perangkat lain atau juga diunduh dari website tertentu.

Agar mempermudah pelaksanaan share video di zoom meeting, pastikan video yang ingin ditampilkan sudah diberi nama. Hal ini untuk mempermudah pengguna zoom dalam memilih video yang tepat untuk ditampilkan. Jangan lupa untuk mengingat nama folder tempat video tersebut disimpan.

Membuka File Video yang Hendak Ditampilkan

Cara share video di zoom meeting berikutnya adalah dengan membuka file video terlebih dahulu. Pastikan bahwa video yang hendak di share memiliki kualitas yang bagus. Suara video juga sebaiknya memiliki kualitas suara yang jelas sehingga dapat dimengerti peserta meeting lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Nokos Telegram

Saat hendak share video di zoom meeting, lebih baik biarkan file video tersebut terbuka terlebih dahulu. Nantinya, pengguna zoom hanya perlu memilih tampilan video yang hendak ditampilkan. Dengan begitu, tidak akan ada waktu terbuang percuma untuk mencari-cari video yang tepat.

Login dan Join Zoom Meeting Tujuan

Langkah berikutnya adalah dengan login Zoom dengan akun yang dimiliki. Apabila sudah dapat login dengan email dan password, dapat segera bergabung dengan meeting yang telah dijadwalkan. Bergabung ke dalam zoom meeting dapat menggunakan Meeting ID dan passcode, atau dengan tautan yang tersedia.

Bergabung dalam zoom meeting dapat dilakukan melalui aplikasi atau website. Akan tetapi, tampilan zoom meeting pada aplikasi lebih mudah dipahami dibandingkan website. Oleh karena itu, disarankan untuk bergabung dengan meeting menggunakan aplikasi Zoom dibandingkan website saat ingin melakukan share video.

Memilih Layar untuk Menampilkan Video

Pada tampilan Zoom, akan terdapat tombol berwarna hijau dengan tulisan share screen. Tombol ini berada pada bagian tengah bawah. Apabila ingin melakukan share video, silakan menekan tombol ini. Setelah tombol ditekan, akan muncul jendela baru berisi beberapa pilihan.

Baca juga : Software Flashing Semua Merk HP

Pada jendela baru tersebut, akan ada beberapa pilihan layar yang bisa dipilih. Pastikan bahwa yang dipilih adalah jendela yang menunjukkan video yang sudah disimpan pada perangkat. Judul video juga akan tertulis pada jendela tersebut sehingga dapat dipastikan apakah sudah tepat atau belum.

Mengaktifkan Pilihan Video dan Suara

Sebelum menekan tombol share, silakan klik centang pada kotak kecil di kiri bawah jendela tersebut. Kotak kecil ini bertuliskan share computer sound. Artinya, suara dari video tersebut akan dapat didengarkan oleh partisipan lain yang ada di dalam Zoom.

Apabila kotak tersebut sudah dicentang, silahkan klik tombol share berwarna biru. Tombol share ini dapat ditemukan di bagian kanan bawah jendela tersebut. Setelah itu, silahkan klik play untuk memulai video. Volume komputer dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Demikian cara share video di zoom meeting dengan mudah. Apabila hendak melakukan share video, lebih baik berlatih dahulu agar lebih lancar. Latihan ini juga perlu dilakukan terutama jika belum familiar dengan fitur yang ada pada Zoom. Silakan dicoba dan semoga dapat membantu.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment