Tips Berjualan Online

Tips Berjualan Online Barang-barang Elektronik agar Cepat Laku

Asus ROG Strix G15

Membangun sebuah bisnis sendiri kini tengah banyak orang gandrungi. Banyak orang memilih menjadi pengusaha, ketimbang bekerja pada seseorang. Namun, membangun sebuah bisnis atau usaha tidak selalu muda di awalnya, tanpa terkecuali untuk bisnis berjualan barang-barang elektronik. Maka jika Anda adalah salah satu orang yang tergiur untuk membangun usaha jual-beli barang elektronik, maka membaca tips berjualan online yang satu ini bisa menjadi langkah awal Anda.

Mengapa Harus Berjualan Online?

Di masa ini, kebiasaan berbelanja masyarakat ternyata telah berubah. Dulu mereka membeli barang-barang elektronik dengan datang ke toko dan langsung berinteraksi dengan penjual serta barang yang akan mereka beli. Akan tetapi, kini kebanyakan orang lebih suka untuk membeli barang elektronik di toko-toko online .

Itu semua karena toko online lebih praktis dan lebih memangkas ongkos mobilitas seorang calon pembeli. Sebagai seorang penjual barang elektronik, Anda perlu menyesuaikan kebiasaan baru masyarakat ini. Apalagi biaya untuk menyewa atau membuat toko offline pastinya lebih tinggi daripada biaya untuk membuat toko online.

Lalu bagaimana cara Anda bisa terjun berjualan online barang-barang elektronik? Anda perlu lanjut membacanya.

Beberapa Cara atau Tips Berjualan Online

Setelah tahu mengenai pentingnya mengikuti perkembangan zaman, maka kini gilingan Anda untuk mengenal bagaimana cara berjualan online itu sendiri. Ada beberapa tips berjualan online atau beberapa cara dan platform yang bisa Anda gunakan untuk hal ini.

1. Berjualan Menggunakan Media Sosial

Pemakaian media sosial oleh masyarakat sekarang ini sangatlah tinggi. Bagi mereka, tiada hari tanpa bersosial media. Oleh karena itu, media sosial menjadi platform yang potensial untuk menjadi tempat Anda berjualan.

Kamu bisa membuat iklan kilat di Instagram, Reels, Tiktok, Facebook dan beberapa aplikasi media sosial lainnya. Sekali upload maka teman-teman Anda akan mengetahui iklan tersebut dan bisa jadi akan ada pembeli yang berminat untuk membeli produk elektronik Anda.

2. Manfaatkan Marketplace

Selain media sosial, kini juga banyak sekali marketplace atau kanal khusus untuk berjualan online. misalnya seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan masih banyak lagi. Platform-platform ini akan mempermudah Anda untuk berjualan secara online. 

Anda hanya perlu mendaftar dan memiliki akun aplikasi tersebut dan memposting jualan Anda di sana.

3. Buat Website atau Blog Sendiri Untuk Berjualan Online

Cara yang terakhir adalah dengan membuat dan memakai website bisnis. Pastinya Anda bertanya-tanya di artikel tips berjualan online yang satu ini, seberapa pentingnya membuat website bisnis untuk berjualan online sedangkan telah ada banyak platform jualan online atau marketplace?

Berjualan online menggunakan marketplace memang tampak lebih mudah. Ini karena tidak butuh banyak waktu untuk membuat akun dan memulai berjualan. Apalagi sebuah marketplace biasanya memiliki pengunjung yang banyak dan luas sehingga Anda tidak perlu lagi mencari-carinya.

Justru karena itulah persaingan menjadi lebih tinggi. Lagi pula, dengan memanfaatkan marketplace ini Anda akan sulit membangun brand awareness.

Meskipun sedikit lebih rumit, tetapi menggunakan website sendiri lebih menguntungkan karena bisa membangun brand awareness lebih baik, keleluasaan mengatur toko secara langsung. Anda bisa memantau data-data yang diperlukan untuk bahan evaluasi dan pengembangan melalui blog tersebut.

Website Berjualan Online Perlu Hosting

Bagaimana cara awal untuk membuat sebuah website bisnis? Salah satu hal yang perlu Anda miliki adalah hosting untuk website tersebut. Hosting adalah sebuah layanan online yang bisa digunakan untuk mengelola data website Anda.

Karena hosting menjadi sesuatu yang penting dalam website, maka biasanya berbayar. Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya karena kini tersedia paket hosting murah Indonesia yang disediakan oleh beberapa jasa layanan seperti Niagahoster. Anda tinggal memilihnya sesuai kebutuhan dan juga anggaran yang Anda miliki. Apakah Anda berminat untuk mencoba tips berjualan online? Yuk coba sekarang juga!

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment