Cloud Hosting

Mengenal Pengertian dan Manfaat Cloud Hosting untuk Bisnis

Asus ROG Strix G15

Dalam dunia website, salah satu hal yang perlu kamu pikirkan adalah masalah hosting. Ada banyak pilihan hosting yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah cloud hosting. Cloud hosting adalah pilihan yang tepat, terutama untuk bisnis. Lalu apa sebenarnya layanan ini, dan apa saja manfaatnya?

Apa itu Cloud Hosting

Cloud hosting adalah salah satu jenis hosting yang menggunakan beberapa server untuk bisa menjalankan website. Fungsi dari banyaknya server ini sendiri adalah untuk membagi beban dari website tersebut. Sehingga tiap server akan memiliki beban yang ringan dan stabil. 

Dengan kata lain, layanan ini sendiri menggunakan sistem cluster, yang mana akan ada banyak server yang bekerja secara terpusat.

Manfaat Cloud Hosting untuk Bisnis

Salah satu alasan mengapa memilih cloud hosting adalah karena ini merupakan server hosting yang cocok untuk Anda yang memiliki website dengan traffic tinggi, namun tidak memiliki kemampuan teknis untuk mengurus server hosting. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari jenis hosting ini, seperti

1. Pengelolaan yang Mudah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika hosting ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki kemampuan teknis dalam urusan hosting. Layanan ini sendiri sangat mudah dalam hal pengelolaan. 

Proses manajemennya sendiri akan menggunakan kontrol panel. Panel inilah yang akan membantu Anda dalam mengatur dan memanage semua hal dalam hosting ini.

Bahkan, ada beberapa penyedia layanan hosting yang juga menawarkan layanan full managed. Artinya, semua konfigurasi dan pengelolaan server akan ditangani oleh penyedia layanan. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk melakukan setting konfigurasi atau yang lainnya.

2. Performa Website Terjaga

Manfaat lain dari menggunakan cloud hosting adalah performa website yang bisa tetap terjaga. Layanan ini juga memiliki banyak fitur, dari mulai optimasi kecepatan, keamanan, kerahasiaan data, kontrol akses, dan lainnya.

3. Cocok untuk Website Traffic Tinggi

Hal lain yang juga menjadi manfaat dari layanan ini adalah kemampuannya dalam menangani banyak pengunjung. Ini merupakan pilihan yang pas ketika Anda memiliki website dengan traffic tinggi. Anda tidak perlu khawatir dengan lonjakan traffic yang bisa membuat website menjadi down.

Dengan teknologi cluster, maka lonjakan beban bisa teratasi dengan cepat. Ketika ada satu server yang mengalami overload atau gangguan, maka beban bisa langsung dibagi ke server lain sehingga masalah bisa teratasi.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Hosting

Secara singkat, maka cara kerja dari layanan ini adalah dengan menggunakan teknologi cluster yang terpusat. Artinya akan ada banyak server yang bekerja, yang mana antara server akan saling terkoneksi. 

Nantinya, beban dari website akan dibagikan ke semua server tersebut. Hal ini membuat tiap server akan menangani beban yang cukup ringan.

Kalaupun nantinya ada salah satu server yang mengalami gangguan, maka beban dari server tersebut akan dibagikan ke server lain yang ada pada cluster tersebut. Cara ini akan menjadi solusi untuk Anda yang memiliki website dengan traffic cukup tinggi.

Tertarik Menggunakan Cloud Hosting?

Dengan semua manfaat yang bisa kamu dapatkan, tentu cloud hosting adalah pilihan terbaik untuk website bisnis kamu. Dan jika Anda mencari penyedia layanan cloud hosting terbaik, maka Niagahoster adalah tempatnya.

Selain sudah berpengalaman, keunggulan lainnya juga adalah Niagahoster menyediakan layanan dengan full managed. Hal ini membuat Anda tidak perlu repot lagi untuk melakukan pengaturan dan juga konfigurasi. 

Hal tersebut merupakan pilihan yang pas untuk Anda yang memiliki website dengan traffic tinggi, dan ingin fokus untuk mengembangkan bisnis tanpa perlu repot melakukan konfigurasi server. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment