cara reset hp xiaomi dengan tombol power

Cara Reset HP Xiaomi dengan Tombol Power dan Fungsinya bagi Smartphone

Asus ROG Strix G15

Setelah pemakaian ponsel dalam waktu yang lama, tentu performanya mengalami penurunan. Dan salah satu solusi untuk mengembalikannya yaitu dengan melakukan reset. Berikut akan dijelaskan cara reset HP Xiaomi dengan tombol power beserta fungsinya untuk smartphone. Langkah-langkahnya tidak sulit. Hanya saja pengguna perlu memperhatikan hal penting.

Cara Melakukan Reset pada Smartphone Xiaomi

Reset dipercaya sebagai solusi atas berbagai masalah di dalam smartphone, termasuk untuk Xiaomi. Ketika ada sistem yang bug, reset menjadi pilihan tepat. Tapi jika ingin melakukan proses ini, ada hal yang perlu untuk dilakukan sebelumnya. Berikut beberapa hal tersebut:

  • Mencadangkan semua berkas ke media penyimpanan lain, bisa memori eksternal atau cloud storage yang online. Dapat menyimpannya ke Google Drive atau Dropbox
  • Melakukan back up pada chat yang ada di platform perpesanan. Karena reset bukan hanya menghapus data di smartphone, tapi juga menghilangkan semua chat di dalamnya
  • Selain mencadangkan file dan chat, pengguna smartphone juga harus mengamankan aplikasi yang ter-install di dalamnya. Agar setelah proses reset tidak perlu mengunduh aplikasinya lagi

Jika sudah melakukan persiapan tersebut, sekarang ikuti cara reset HP Xiaomi dengan tombol power yang akan dipaparkan di bawah ini. Usahakan semua langkahnya diikuti dengan benar.

  • Pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh. Atau minimal masih tersisa 50% agar saat melakukan reset bisa lancar
  • Setelah itu matikan smartphone dengan cara seperti biasanya
  • Lalu tekanlah tombol volume up. Lakukan ini bersamaan dengan menekan tombol power. Tahan beberapa detik sampai muncul logo smartphone Xiaomi. Pengguna akan dibawa ke mode Mi Recovery
  • Pengguna smartphone Xiaomi harus memilih Bahasa Inggris dari opsi bahasa yang muncul
  • Lakukanlah hard reset. Caranya yaitu dengan memilih menu Wipe Data atau Factory Reset di dalam Recovery Mode
  • Pilihlah All Wipe Data
  • Lakukan konfirmasi dengan menekan tombol Yes
  • Tunggulah sampai proses reset usai, lalu lakukan reboot

Pengguna smartphone Xiaomi harus berhati-hati saat melakukan reset. Karena jika proses ini salah, maka menggagalkan tahap booting atau sering disebut dengan bootloop. Dan jika terus dibiarkan, dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem.

Fungsi Reset bagi Smartphone

Sebagai proses yang berguna, reset memiliki fungsi yang sangat penting bagi smartphone. Reset menjadi solusi ketika ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Berikut beberapa fungsi dari proses ini:

1. Membersihkan Virus dan Malware

Apakah handphone lamban ketika menjalankan perintah atau tiba-tiba macet saat membuka aplikasi? Jika memang begitu, maka pengguna smartphone Xiaomi wajib waspada. Karena mungkin saja perangkat diserang oleh virus atau malware yang berbahaya. Dan salah satu cara untuk membersihkan serangan tersebut yaitu dengan reset.

2. Meningkatkan Kinerja Perangkat

Lamanya masa penggunaan membuat kinerja dari smartphone menurun. Ponsel yang biasanya cepat merespon, kini performanya sudah tidak seperti biasanya. Oleh karena itu, proses reset diperlukan untuk mengembalikannya seperti saat semula.

3. Menghapus Aplikasi Hingga Bagian Akarnya

Reset juga berfungsi untuk membersihkan aplikasi yang telah dihapus. Proses uninstall sering menyisakan data dan residual file yang masih tertinggal. Dan reset akan membantu membersihkannya sampai ke akarnya.

4. Membersihkan Internal Storage

Sebenarnya ruang penyimpanan dapat disiasati dengan menambahkan SD Card atau memanfaatkan cloud storage. Tapi itu masih belum cukup. Agar ponsel bisa tetap lancar, maka internal storage juga harus longgar. Dan salah satu caranya yaitu dengan melakukan reset.

5. Membersihkan Berkas Tidak Berguna

Reset dapat difungsikan juga untuk membersihkan semua berkas yang ada di smartphone. Baik itu yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi atau data lama. Jika menumpuk, file tersebut bisa membuat handphone lemot.

Itulah penjelasan rinci tentang cara reset HP Xiaomi dengan tombol power. Pengguna tidak boleh melakukannya secara asal karena dapat mengakibatkan kerusakan. Pastikan juga melakukan backup sebelum mulai me-reset perangkat.

Baca juga: 2 Cara Memperbaiki HP Lupa Pola Tanpa Perlu Reset

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment