cara memperbaiki hp xiaomi yang tidak bisa disentuh sama sekali

7 Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Asus ROG Strix G15

Human error bisa dikatakan sebagai perkara yang sering menimbulkan masalah pada layar handphone. Entah itu terlalu lama bermain game atau terkena air dan kotoran. Oleh karena itu, segera atasi dengan cara memperbaiki HP Xiaomi yang tidak bisa disentuh sama sekali berikut. Ada beberapa cara dan dipercaya sebagai solusi masalah tersebut.

1. Me-restart Handphone

Yang pertama ini tentu dikenal sebagai cara ampuh dalam mengatasi berbagai masalah yang ada pada smartphone. Me-restart handphone berarti membuatnya bekerja dari awal dan memperbaiki kerusakan, termasuk layar gagal melaksanakan perintah. Karena touchscreen tidak berfungsi, maka lakukan paksa restart dengan menekan power hingga smartphone mati dan nyala kembali.

Cara restart ini dapat mengatasi layar yang tidak berfungsi karena berbagai penyebab, di antaranya yaitu:

  • Handphone yang terlalu panas dapat membuat touchscreen tidak berfungsi. Ini biasanya karena menjalankan aktivitas yang berat, seperti bermain game
  • Terjadi kesalahan pada sistem yang dikarenakan belum melakukan update perangkat
  • Adanya bug terhadap aplikasi yang dijalankan
  • Smartphone tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan

2. Membersihkan Layar Handphone

Bukan hanya masalah pada sistem, layar yang tidak dapat disentuh juga bisa disebabkan oleh kotoran. Oleh karena itu, pemilik handphone Xiaomi harus rajin-rajin membersihkannya. Caranya cukup mudah. Pakailah tisu yang lembut dan gosokkan ke layar secara perlahan. Lakukan ini secara hati-hati agar layar tidak tergores dan malah membuat kerusakan.

3. Memakai Kalibrasi Layar

Ponsel yang panas juga bisa membuat kalibrasi error. Jika sudah begini, maka bisa-bisa layar tidak dapat disentuh sama sekali. Sebenarnya kalibrasi bisa diatur melalui menu Settings yang ada di smartphone. Tapi memakai aplikasi lebih disarankan. Karena software ini akan membenarkan kalibrasi secara otomatis dan mengubahnya seperti semula.

4. Menghapus Pemakaian RAM

RAM yang besar tentu membuat smartphone berjalan lancar. Tapi bagaimana jika ukurannya hanya kecil dan sudah penuh? Tentu bisa membuat masalah, salah satunya pada touchscreen. Jika persoalannya begini, maka membersihkan RAM merupakan cara memperbaiki HP Xiaomi yang tidak bisa disentuh sama sekali yang tepat. Pakailah aplikasi Clean Master untuk memudahkannya.

5. Memakai Charger Original

Charger yang tidak sesuai dengan handphone Xiaomi bisa membuat arus listrik yang masuk melebihi kapasitas semestinya. Hal ini ditandai dengan smartphone menjadi panas atau layar tidak dapat disentuh. Oleh karena itu, segera ganti ke charger yang original milik Xiaomi. Lalu cek layar lagi saat proses charging berjalan.

6. Mencopot Tempered Glass

Apakah suka memakai pelindung layar yang murahan? Sebaiknya segera ganti dengan tempered glass yang memiliki kualitas premium. Sebab yang berlabel abal-abal dapat membuat masalah pada layar. Selain dalam hal kualitas, posisi pemasangan yang keliru ternyata juga mengakibatkan touchscreen tidak berfungsi. Atau bisa juga karena posisinya yang bergeser.

7. Me-reset Handphone

Selain melakukan restart, mengembalikan smartphone Xiaomi terhadap pengaturan pabrik juga bisa mengatasi masalah pada layar. Tapi ketika melakukan reset, pengguna harus memikirkannya terlebih dahulu. Sebab proses ini dapat menghilangkan semua berkas di ponsel. Berikut ini cara melakukan reset:

  • Matikan smartphone Xiaomi
  • Tekan tombol power bersamaan dengan volume bagian up untuk masuk ke Recovery Mode
  • Pada menu yang ditampilkan, pilihlah Wipe Data
  • Nantikan proses reset berjalan dan lakukan reboot

Itulah cara memperbaiki HP Xiaomi yang tidak bisa disentuh sama sekali dengan beberapa tips di atas. Sebaiknya lindungi smartphone untuk melindungi human error. Karena touchscreen tidak berfungsi tentu membuat pengguna kerepotan. Segala aktivitas dan perintah untuk ponsel tidak dapat dijalankan jika layar bermasalah.

Baca juga: HP Mudah Mati? Yuk Ketahui Penyebab HP Tiba Tiba Mati

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment