cara membuat polling di telegram

Cara Membuat Polling di Telegram untuk Semua Platform

Asus ROG Strix G15

Cara Membuat Polling di Telegram – Sebagai salah satu dari sepuluh aplikasi yang paling sering diunduh di seluruh dunia, Telegram selalu menampilkan fitur yang bisa mewadahi semua kebutuhan. Polling merupakan salah satu fitur yang membantu admin channel dan grup untuk mendapatkan pendapat dari anggotanya secara efisien. Berikut pembahasan cara membuat polling di Telegram untuk semua platform:

Cara Membuat Polling di Telegram untuk Semua Platform

Membuat Polling Anonim

Polling ini hanya bisa dilakukan di grup saja. Dengan polling tersebut memungkinkan anggota grup memberikan pendapatnya secara anonim, jadi identitas akun pemberi suara tidak ditampilkan. Dengan polling ini admin bisa membuat vote multiple answer. Jadi anggota grup tinggal memilih satu diantara beberapa jawaban, ini biasanya dilakukan untuk mengetahui minat audience-nya.

Cara ini bisa diterapkan untuk pengguna aplikasi Telegram di handphone dan Telegram desktop untuk laptop. Langkah pertama buka aplikasi Telegram, kemudian cari grup yang akan dibuat polling. Di bagian bawah tampilan obrolan ada menu sisipkan file atau attachment, klik di pilihan itu.

Selanjutnya pilih menu polling di bagian bawah pada ikon pol.  Lalu buat pertanyaan yang akan diambil vote-nya di bagian pertanyaan pol, beserta pilihan jawabannya di bagian pilihan jawaban. Untuk pengaturan anonim bisa dilihat di bagian pengaturan, aktifkan pemilihan anonim. Terakhir tinggal klik menu buat di sebelah kanan atas untuk mengirimkan polling tersebut.

Baca juga : Software Pengubah Suara menjadi Teks untuk PC

Membuat Polling Biasa

Di hasil polling ini anggota channel atau grup yang memberikan jawabannya akan kelihatan akun identitasnya. Untuk model polling-nya juga berupa multiple answer, jadi ada beberapa pilihan jawaban. Anggota channel tinggal memilih satu di antara pilihan jawaban yang paling sesuai menurut mereka

Cara ini bisa  dilakukan untuk pengguna Telegram di handphone dan laptop. Pertama buka aplikasi seperti biasa, kemudian cari channel atau grup yang akan dibuat polling-nya. Langkah berikutnya di tampilan obrolan channel atau grup pilih icon attachment yang terletak di kanan bawah.

Di tampilan attachment pilih icon pol, kemudian masukkan pertanyaannya di bagian pertanyaan pol. Sekalian buat jawabannya di bagian pilihan jawaban, bisa lebih dari dua tergantung kebutuhan. Geser ke bawah di menu pengaturan, non aktifkan pemilihan anonim. Setelah itu tinggal klik tombol buat di sebelah kanan atas, polling akan otomatis terkirim.

Membuat Polling Kuis

Untuk cara membuat polling di Telegram yang terakhir yaitu menggunakan mode kuis. Polling kuis seperti pada umumnya kuis, anggota channel atau grup tinggal memilih jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaannya. Jadi itu perbedaan dengan dua polling di atas yang jawabannya lebih berdasarkan minat anggota channel.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Audio di Zoom

Langkahnya buka aplikasi, kemudian pilih grup atau channel yang akan dibuatkan pollingnya. Di tampilan chat pilih ikon attachment di sebelah kanan bawah. Pada tampilan attachment pilih ikon pol,  kemudian geser bawah ke menu pengaturan terlebih dahulu. Aktifkan mode kuis baru  setelah itu buat pertanyaan dan jawaban seperti di atas.

Pada bagian pertanyaan pol buat pertanyaan yang akan dibuat vote-nya. Lalu geser ke bawah di bagian pilihan jawaban untuk membuat pilihan jawaban. Sebelum polling dikirim, jangan lupa pilih jawaban yang benar dengan mencentang di sebelah kiri jawaban yang benar. Terakhir, pilih tombol buat di pojok kanan atas untuk mengirimkan kuis.

Dengan adanya berbagai pilihan cara membuat polling di Telegram, hal ini memang disediakan untuk menjawab berbagai kebutuhan pengguna setia Telegram di seluruh dunia. Khususnya untuk mengetahui pendapat anggota grup atau channel secara efisien. Sehingga bisa menghemat waktu dan mendapat data akurat untuk pengembangan channel bagi kreator channel Telegram sebagai contohnya.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment