software pengubah suara menjadi teks untuk pc

5 Software Pengubah Suara menjadi Teks untuk PC, Mudah dan Gratis

Asus ROG Strix G15

Software Pengubah Suara menjadi Teks untuk PC – Perkembangan teknologi sangatlah membantu kehidupan sehari-hari. Salah satunya software untuk mengubah suara menjadi teks (speech to text). Aplikasi ini sangat berguna bagi pekerja yang diharuskan mengetik cepat. Bahkan bisa juga untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Berikut 5 rekomendasi software pengubah suara menjadi teks untuk PC:

5 Software Pengubah Suara menjadi Teks untuk PC

Windows Voice Recognition

Aplikasi yang satu ini merupakan fitur bawaan dari Windows. Tentu saja fungsi utama nya adalah untuk mengubah suara menjadi sebuah teks. Fitur ini juga memungkinkan penggunanya mengoperasikan PC/ komputer lewat suara. Aplikasi ini terdapat pada seluruh komputer yang menggunakan OS Windows.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna masuk ke start menu. Kemudian ketik accessories dan search atau tekan enter. Pilih Ease of access. Selanjutnya klik di Windows speech recognition dan pilih jenis mikrofon yang akan digunakan. Aplikasi ini akan tetap berjalan walau dalam mode tampilan minimize.

Dictation Pro

Pada aplikasi dictation pro, pengguna diharuskan memiliki akun terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar software dapat lebih mengenal dan mengetahui bagaimana tipe pengguna dalam mengetik. Software ini memiliki cara kerja yang cukup sederhana dengan hasil pengetikan yang tetap sesuai dan sangat akurat.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Audio di Zoom

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini yaitu memiliki dokumen kerja seperti Ms Word sehingga pengguna dapat membuat dokumen mulai dari awal sampai akhir. Pengguna juga dapat menambahkan gambar, link, page breaks atau file lainnya. Selain itu, ukuran, jenis dan warna font dapat diubah sesuai selera.

Braina

Braina adalah aplikasi simpel yang digunakan untuk mengkonversi suara menjadi teks. 3 langkah mudah menggunakannya yaitu klik tombol mikrofon, ucapkan kata yang ingin diketik. Lalu copy dan paste hasil ketikan ke dokumen. Braina cukup populer di kategori software pengubah suara menjadi teks untuk PC.

Braina dapat menjawab pertanyaan yang pengguna ajukan. Selain itu Juga dapat dipakai untuk fungsi kebalikannya yaitu mengubah teks menjadi suara yang kecepatan suaranya dapat diatur. Aplikasi ini juga bisa menjadi asisten virtual sehari-hari seperti mengatur alarm, memutar musik dan menambah catatan.

Apple Dictation

Bagi pengguna produk Apple seperti iMac atau MacBook yang menggunakan MacOS, jangan khawatir karena MacOS memiliki fitur bawaan untuk convert audio to text. Fitur bawaan voice assistant ini biasa disebut dengan nama Siri. Tentunya para pengguna iPhone sudah tidak asing lagi dengan asisten Siri ini.

Baca juga : Software Akuntansi Online

Siri dapat digunakan untuk memberikan input lewat suara sebagai asisten virtual. Siri juga digunakan sebagai speech to text / pengubah suara menjadi text. Pengguna cukup meletakkan kursor di area text field lalu ucapkan apa yang ingin diketik. Siri akan mengetikkan teks tulisan dari input suara pengguna.

Watson Speech to Text

Tidak hanya akurat, Watson speech to text yang merupakan aplikasi dari IBM ini memiliki teknologi yang dapat dibilang sangat keren. Bagaimana tidak, aplikasi ini dapat menambahkan beberapa kata kunci yang ada kaitannya dengan industri tertentu. Karena itulah tingkat keakuratannya menjadi sangat tinggi.

Selain itu, pengguna dapat memilih model suara berdasarkan frekuensi suara dan bahasanya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akurasi dalam mengenali suara pada sebuah dialog. Bahkan Watson speech to text dapat mengubah file berformat MP3, MPG, WAV dan format file lainnya menjadi teks tulisan.

Demikian rekomendasi software pengubah suara menjadi teks untuk PC, mudah dan gratis. Pengguna dapat memilihnya dengan bebas. Adanya fitur ini tentu memudahkan pengguna dalam mengetik suatu file. Juga menghemat waktu, sehingga pengguna dapat memanfaatkan waktunya untuk pekerjaan lain.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment