Cara Mengatasi Komputer & Laptop Lambat Masuk Windows

Cara Mengatasi Komputer & Laptop Lambat Masuk Windows Yang Cukup Sederhana

Asus ROG Strix G15

Cara mengatasi komputer & laptop lambat masuk windows sepertinya merupakan topik yang paling banyak dicari. Bagi para pengguna laptop ataupun komputer istilah Booting tentunya bukan lagi menjadi sesuatu yang asing, yakni proses loading yang terjadi pada saat komputer atau laptop pertama kali akan dijalankan. Tujuannya adalah untuk memeriksa kondisi dari perangkat keras pada laptop atau komputer serta memuat perangkat lunaknya.

Mengatasi Proses Booting Yang Sering Membuat Geram

Anda pasti pernah merasa geram pada saat pertama kali menjalankan laptop atau komputer yang membutuhkan waktu cukup lama, maka anda perlu menyimak pembahasan cara mengatasi komputer & laptop lambat masuk windows berikut ini. Kasus semacam ini memang sering terjadi yang mana laptop mengalami kesulitan untuk masuk windows dan terus berada pada posisi Starting.  

Untuk menanggulanginya hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan Disk Defragmen pada hardisk laptop atau komputer anda. Caranya cukup sederhana yakni dengan memanfaatkan tools yang sudah ada pada windows itu sendiri. Pertama dengan masuk pada menu My Computer, kemudian pilih pada partisi C dengan cara melakukan klik kanan dan memilih menu Properties.

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer & Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Selanjutnya akan muncul jendela Local Disc Properties, kemudian pilih pada tab Tools lalu klik pada pilihan Defragment now. Jika sudah diklik maka akan muncul lagi jendela Disk Defragmenter, sorot pada pilihan partisi C dan gulir kebawah pada tombol Defragment Disk. Biarkan laptop atau komputer anda menjalankan proses, biasanya memang memakan waktu yang agak lama apalagi jika file tersebut ada banyak sehingga anda harus sabar menunggu proses selesai. Jika proses selesai dilakukan maka anda baru bisa melakukan Reboot pada laptop atau komputer maka anda akan merasakan perbedaannya.

Defragment Hardisk

Disk Defragmenter sendiri merupakan program yang memiliki induk pada sistem operasi komputer yang digunakan untuk menyusun kembali file-file yang telah diperbarui atau yang sudah diinstall pada komputer baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Tanpa disadari file apapun yang anda buka sebenarnya secara otomatis akan mengambil ruang dalam bagian partisi yang ada pada hardisk sehingga anda perlu melakukan defrag terhadap hardisk.

Fungsi defragment hardisk adalah untuk menjaga kestabilan komputer atau laptop serta keadaan hardisk. Hal ini karena defragment hardisk dapat memperbaiki boot sector serta error program yang mungkin saja terjadi dalam hardisk. Proses defrag sendiri selain dengan menggunakan tools yang ada pada windows juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan tools dari pihak ketiga, yakni dengan cara melakukan pengunduhan terlebih dahulu. Tools pihak ketiga dapat anda gunakan jika proses defrag memakai tools dari windows memakan waktu yang sangat lama.

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer & Laptop Lemot Windows 10

Sebelum melakukan Defrag hardisk sebaiknya anda melakukan back up file unduhan ataupun data pribadi yang ada pada drive C dengan cara memindahkannya pada drive lainnya. Anda juga sebaiknya menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting terlebih dahulu sehingga proses defrag tidak memakan waktu terlalu lama.

Demikian adalah salah satu solusi cara mengatasi komputer & laptop lambat masuk windows. Untuk keperluan alat elektronik anda, percayakan pada JMTech, toko komputer Pekanbaru di wilayah Riau yang tidak hanya menyediakan komputer saja melainkan beragam perangkat elektronik lainnya seperti perangkat lunak, alat perekam, alat komunikasi, perlengkapan kantor dan berbagai barang elektronik lainnya dengan harga dan kualitas terjangkau. Kami juga akan memberikan arahan dan saran bagi para pelanggan agar mendapatkan produk terbaiknya.

5/5 - (2 votes)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment