cek password wifi windows 10

Cara Cek Password WiFi Windows 10 dengan Sangat Mudah

Asus ROG Strix G15

Cara Cek Password WiFi Windows 10 – Wifi belakangan ini sangatlah diperlukan oleh masyarakat khususnya para pelajar dan para pekerja kantoran. Akan tetapi terkadang para pengguna sering melupakan password wifinya. Berikut beberapa cara cek password wifi windows 10 yang harus diketahui :

4 Cara Cek Password WiFi Windows 10

Melihat Pengaturan Open Network and Internet Settings

Cara pertama yang dapat dicoba adalah melihat peraturan wireless properties yang ada di pengaturan open network and internet settings. Windows 10 memanglah menyajikan informasi dan menu-menu yang cukup lengkap. Salah satunya tentang pengaturan internet.

Pertama klik kanan pada ikon wifi/internet access lalu klik Open network and internet settings. Kemudian pilih tab status lalu klik network and sharing center yang berada di tab kanan bawah. Setelah pengaturan network and sharing center muncul, klik koneksi Wifi yang sedang digunakan.

Pada kotak dialog wifi status terdapat berbagai macam informasi seperti kilobyte pemakaian dan lain-lain. Pengguna hanya perlu mengklik wireless properties. Klik tab security, lalu centang option show characters. Network security key akan menampilkan password wifi dengan jelas.

Baca juga : Cara Melihat Wifi Yang Tersembunyi

Menggunakan Fitur Command Prompt

Cmd atau command prompt memang menjadi jalan pintas untuk para pengguna mengoperasikan Windows. Asalkan tahu perintah-perintahnya, para pengguna dapat melakukan berbagai operasi di komputer. Salah satunya mengetahui password wifi yang sedang digunakan.

Buka command prompt dan ketik netsh wlan show profiles. Selanjutnya tekan enter. Maka akan muncul daftar semua nama wifi di komputer pengguna baik yang sedang digunakan maupun yang pernah digunakan. Pilih salah satu wifi yang passwordnya ingin diketahui.

Selanjutnya ketik netsh wlan show profiles name= wifi yang passwordnya ingin diketahui key clear dan tekan enter. Jika nama wifi menggunakan spasi maka tanda petik dua harus digunakan. Pengguna dapat melihat password wifi di bagian security setting key content.

Menginstall Software Aplikasi

Cara yang paling mudah ketiga adalah dengan menginstall aplikasi. Password yang pernah terhubung sebenarnya tersimpan di komputer. Pengguna hanya perlu untuk menemukannya lagi. Dengan aplikasi, dapat memudahkan pengguna menemukan kembali password wifi yang pernah digunakan.

Terdapat berbagai macam aplikasi yang berfungsi untuk melihat dan mengatur kata sandi wifi. Salah satunya adalah yang sudah banyak di download yaitu WiFi Password Revealer. Aplikasi ini cukup membantu para pengguna dalam mengecek password wifi.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama unduh dan install aplikasi WiFi Password Revealer. Pengguna dapat mendownload aplikasi di situs resminya. Jika sudah terunduh, pasang dan jalankan. Semua wifi yang sedang dan pernah terhubung akan ditampilkan lengkap  beserta passwordnya.

Baca juga : Cara Menyimpan Instagram Stories Orang Lain Tanpa Aplikasi

Memeriksa Password pada Wireless Router

Setiap WiFi sudah pasti memiliki wireless router. Menggunakan wireless router ini adalah cara yang dibilang paling mudah untuk cek password wifi windows 10. Yaitu hanya dengan melihat informasi yang tercetak di wireless router, pengguna bisa mengetahui password wifi router tersebut.

Akan tetapi hal ini bisa berlaku hanya jika router masih menggunakan kata sandi default, dan belum sama sekali diganti passwordnya atau diubah pengaturannya. Karena jika sudah berubah, maka cara ini sama sekali tidak dapat digunakan.

Langkah-langkahnya sangat mudah. Hanya dengan melihat informasi yang terdapat pada bagian belakang wireless router. Informasi yang harus diambil adalah hanya yang menunjukkan password WiFi yaitu WEP key, WPA key atau bisa juga Security key.

Itulah beberapa cara cek password wifi windows 10 dengan sangat mudah. Setiap cara diatas merupakan cara yang sangat mudah yang dapat dipraktekan pengguna. Pengguna dapat dengan bebas memilih cara mana yang ingin dilakukan.

Rate this post
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment