software administrasi desa full gratis

5 Software Administrasi Desa Full Gratis yang Mudah dan Bermanfaat

Asus ROG Strix G15

Software Administrasi Desa Full Gratis – Ketersediaan data administrasi yang akurat dan baik sangat penting untuk mempertinggi efektifitas dan kualitas pelayanan pemerintahan desa. Seiring dengan berkembangnya era digital, maka terciptalah software administrasi. Adanya software administrasi ini dapat membuat proses pelayanan masyarakat desa menjadi lebih rapi, tertib, dan tepat. Berikut ulasan 5 software administrasi desa full gratis yang mudah dan bermanfaat.

5 Software Administrasi Desa Full Gratis yang Mudah dan Bermanfaat

SIPADES

Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) adalah software yang mengurusi tentang pengelolaan aset desa. Software ini meliputi pengadaan, perencanaan, dan penyajian laporan yang sesuai dengan pedoman umum kodefikasi. Pengelolaan aset ini bersifat   transparan dan akuntabel.

Penggunaan software ini cukup mudah karena menggunakan sistem desktop base, yaitu sistem dapat diakses tanpa koneksi internet. Basis data acces yang digunakan sangat memudahkan pemula, khususnya pengguna perangkat desa. SIPADES juga langsung terkoneksi dengan data pemerintahan pusat.

PANDUK

Fungsi dari software ini adalah memonitor data kependudukan secara sistematis dan mudah digunakan. Fitur-fitur yang ada juga terbilang komplit untuk digunakan dalam pencatatan administrasi warga desa dan kecamatan. Pendataan kependudukan tingkat kecamatan dan kabupaten dapat menggunakan software ini.

Baca juga : Aplikasi Download Video Twitter

PANDUK akan menampilkan rincian data kependudukan secara lengkap. Masyarakat dapat mengecek nomor identitas KTP sampai kartu keluarga. Bagi pengguna yang ingin mengurus report anggota keluarga dan desa juga bisa mengurusnya melalui software ini.

SIMDESA

Sistem Informasi Manajemen Desa biasanya digunakan oleh dinas yang bertanggung jawab atas pemberdayaan masyarakat serta pemerintahan desa. Terdapat fitur manajemen berita dan ruang komunikasi seperti chat dengan operator ataupun admin dari pengguna sistem ini. Software ini mempermudah pelaksanaan dan dokumentasi administrasi.

Masyarakat dapat mengurus surat kelahiran, surat kematian, hingga surat adat istiadat di software ini. Data yang sudah ada tidak gampang hilang dan bisa di update tiap waktu. Software administrasi desa full gratis ini bisa menampilkan juga grafik monografi sebagai penunjang informasi secara otomatis.

SISKEUDES

Sistem Keuangan Desa dibuat untuk menambah tingkat mutu administrasi keuangan yang dikelola oleh desa. Software ini dikembangkan oleh tim dari BPKP. SISKEUDES bersifat terbuka dalam dalam aspek keuangan di pemerintahan desa. Software ini menitikberatkan pengaturan di dalam parameter yang dapat disesuaikan.

Baca juga : Cara Share Screen Zoom di HP

Penggunaan software ini sangat mudah, karena dalam sekali pencarian dapat menghasilkan laporan dan dokumen penatausahaan keuangan desa. Dilengkapi sistem pengendalian internal dan selalu diperbaharui supaya sesuai dengan peraturan yang ada. Software ini juga dapat mengelola seluruh sumber dana  APBD desa.

SIPEDE

Sistem Informasi Pemerintahan Desa dapat mengontrol begitu banyak bidang secara sistematis. Terdapat kepala urusan pemerintahan yang terdiri atas data keputusan desa, aparat desa, surat masuk keluar, dan lain-lain. Selain itu, contoh untuk kepala urusan kemasyarakatan  yaitu inventaris bangunan dan ruangan. Kepala urusan pembangunan yang contohnya seperti rencana dan kegiatan pembangunan.

Manfaat software ini adalah data akan lebih cepat diakses dibandingkan dengan data manual. Selain itu, pemerintah desa akan lebih muda dalam pengecekan dan analisis data. Adanya SIPEDE ini juga membantu menguatkan sistem pemerintahan desa yang ada. Masyarakat juga hanya perlu mengisi formulir data yang sudah disiapkan, dan setelah itu tim akan langsung datang ke desa.

Demikianlah 5 software administrasi desa full gratis yang sudah dijelaskan diatas adalah beberapa rekomendasi software yang aman dan bermanfaat. Diharapkan dengan adanya software ini, pemerintahan desa menguatkan kualitas pelayanan publik. Segala bentuk administrasi juga akan lebih akurat dan tepat jika sudah memakai bantuan software ini. Semoga desa-desa akan lebih unggul dari sebelumnya.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment