perbedaan wa dan telegram

Perbedaan WA dan Telegram yang Wajib Pengguna Tahu

Asus ROG Strix G15

Perbedaan WA dan Telegram – WhatsApp dan Telegram merupakan aplikasi chatting yang sedang populer di Indonesia belakangan ini. Tidak hanya dianggap layanan, aplikasi ini bahkan sudah dianggap sebagai kebutuhan. Komunikasi jarak dekat maupun jauh menjadi mudah berkatnya. Tentunya kedua aplikasi ini memiliki perbedaan. Berikut perbedaan WA dan telegram yang wajib pengguna tahu:

6 Perbedaan WA dan Telegram Untuk Kamu Ketahui

Ukuran File yang dikirim

Dalam sesama aplikasi media sosial untuk berkirim pesan, perbedaan WA dan telegram terbilang sangat signifikan dalam hal ukuran file yang dapat dikirim. WhatsApp membatasi penggunanya dalam ukuran mengirim pesan. Pengguna hanya dapat mengirim pesan dengan ukuran maksimal 100 MB saja.

Dengan telegram, pengguna dapat mengirimkan pesan berupa foto, dokumen, video dan berbagai file lainnya dengan leluasa. Tentunya ini karena telegram memiliki ukuran pengiriman file yang sangat besar mencapai 1,5 GB. Karena ini lah telegram banyak digunakan untuk mengirim data tanpa perlu flashdisk.

Jumlah Anggota Group

Hal ini juga menjadi perbedaan yang sangat signifikan antara WhatsApp dan telegram. Pasalnya Jumlah anggota group di group chat WhatsApp jauh lebih sedikit dibanding dengan group chat di telegram. Selain itu, telegram juga tidak membatasi jumlah orang yang bisa dikirimi pesan secara broadcast.

Jumlah anggota group pada group chat telegram dapat mencapai ratusan ribu pengguna. Sedangkan pada group chat WhatsApp hanya beranggotakan maksimal 256 pengguna saja. Tentu saja ini sangat menarik bagi para pengguna yang memiliki komunitas atau bisnis dengan anggota yang banyak.

Baca juga : Cara Membuat Virtual Background Zoom

Penyimpanan Data

Penyimpanan data tentunya menjadi hal penting di era modern ini. WhatsApp memanfaatkan fitur memori internal untuk menyimpan datanya. Selain itu WhatsApp juga dapat menggunakan cloud tetapi harus diatur secara manual. Data dalam WhatsApp berupa obrolan, gambar, video, dan lain sebagainya.

Hampir sama dengan WhatsApp, telegram juga menggunakan fitur cloud. Bedanya, telegram dapat langsung terafiliasi secara otomatis untuk menyimpan data. Karena itulah, telegram memungkinkan pengguna untuk mengambil data secara otomatis dari cloud ketika melakukan migrasi perangkat.

Keamanan Aplikasi

Dalam segi keamanan, telegram dibilang lebih unggul dibanding WhatsApp. Di telegram, pengguna dapat merahasiakan percakapannya. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya fitur chat rahasia yang dapat menghapus otomatis dalam waktu tertentu dan tidak memungkinkan pengguna menangkap layar.

Telegram juga menyediakan passcode tambahan. Karena itu, pengguna harus memasukkan passcode ketika membuka aplikasi. Telegram memakai infrastruktur enkripsi dan multi-data center. Sementara WA, hanya berfokus pada fitur end-to-end encryption yang bisa dipakai di semua chat/group chat.

Baca juga : Cara Merubah Warna Background Foto

Privasi Nomor Pengguna

Lagi-lagi telegram menang unggul dari pada WhatsApp. Privasi pada telegram dibilang lebih terjamin datanya. Telegram menggunakan nama pengguna publik dan dapat merahasiakan info nomor kontak pengguna. Sedangkan pada WhatsApp, tidak terdapat pengaturan untuk merahasiakan nomor kontak.

Dengan nama pengguna publik ini pengguna telegram tetap bisa mengobrol dengan pengguna lain walaupun tidak memiliki nomor kontaknya. Caranya dengan mencari nama pengguna publik di pencarian. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pengguna sekitar untuk mencari pengguna terdekat.

Fitur Percakapan BOT atau AI

Keunggulan telegram lainnya adalah memiliki fitur bot atau AI (kecerdasan buatan). Bot adalah akun yang dijalankan otomatis oleh aplikasi. Selain itu, telegram juga memiliki fitur channel yang berguna untuk menyampaikan pesan broadcast. Sedangkan WhatsApp tidak memiliki kedua fitur tersebut.

Ada banyak jenis bot yang dapat pengguna manfaatkan. Contohnya yang paling populer seperti bot gambar, bot stiker, bot gif dan yang lainnya. Penggunaannya pun cukup mudah. Hanya dengan mencari username bot tersebut di kolom pencarian lalu ikuti petunjuk yang terdapat pada chat room tersebut.

Itulah beberapa perbedaan WA dan telegram yang wajib pengguna tahu. Kedua aplikasi ini menjadi aplikasi chatting yang banyak digunakan masyarakat. Pengguna aktif WhatsApp sebanyak 1,6 miliar pengguna dan berbeda jauh dengan telegram yang memiliki ratusan juta pengguna aktif bulanan.

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment