penyebab hp patah patah saat main game

Yuk Ketahui Penyebab Hp Patah Patah Saat Main Game, Apa Saja?

Asus ROG Strix G15

Bagi mayoritas orang, khususnya anak muda, bermain game adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Kejenuhan dalam belajar atau bekerja dapat dihilangkan dengan bermain game. Namun, ketika tampilan visual HP patah-patah saat bermain game, bukan keseruan yang muncul melainkan kekesalan. Oleh sebab itu, perlu diketahui apa penyebab HP patah patah saat main game.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan HP patah patah ketika bermain game. Seringkali hal ini terjadi karena sistem internal HP yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena game yang dimainkan memerlukan spesifikasi tinggi. Akan tetapi, di samping itu, mungkin juga terdapat faktor-faktor yang lain. Lalu, apa saja penyebabnya? Simak paparannya berikut ini:

1. Spesifikasi CPU dan GPU yang Rendah

Dua komponen yang berperan penting dalam performa HP saat digunakan untuk bermain game adalah CPU dan GPU. CPU (Central Processing Unit) bertanggung jawab untuk memproses berbagai instruksi, sedangkan GPU (Graphic Processing Unit) berperan pada pengolahan grafisnya. Semakin tinggi spesifikasi dan resolusi grafis game-nya tentu memerlukan CPU dan GPU yang semakin berkualitas sehingga visual yang dihasilkan tidak patah-patah.

2. RAM yang Kecil dan Penuh

Pada saat aplikasi dijalankan, data akan disimpan sementara pada komponen yang disebut RAM (Random Access Memory). Biasanya, game yang berukuran besar dan berspesifikasi tinggi akan memerlukan kapasitas ruang RAM yang lebih besar. Ketika HP memiliki RAM yang kecil, sedangkan aplikasi game berukuran besar, maka kemungkinan visual yang dihasilkan akan patah-patah.

Selain karena RAM yang kecil, RAM yang penuh juga akan mengganggu performa dalam bermain game di HP. Hal ini karena semakin banyak aplikasi yang dijalankan, ruang yang dibutuhkan juga semakin banyak. Ketika RAM sudah penuh, kinerja HP akan melambat.

3. Memori Penyimpanan Sudah Penuh

Penyebab HP patah patah saat main game berikutnya adalah karena memori penyimpanan dalam perangkat HP sudah penuh. Kebanyakan aplikasi yang dipasang pada HP pasti memakan ruang penyimpanan yang banyak. Ketika memori sudah atau hampir penuh, aplikasi game yang dipasang bisa saja tidak mendapat cukup ruang penyimpanan. Hal ini akan menyebabkan tampilan gambar patah-patah saat bermain game.

4. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Jika game yang dimainkan adalah game online seperti Mobile Legend atau PUBG, pastinya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Semakin lancar dan bagus koneksi internet, game online yang dimainkan akan semakin lancar juga. Akan tetapi, ketika jaringan internet sedang buruk atau tidak stabil, dapat menyebabkan game yang sedang dimainkan mejadi tidak lancar dan patah-patah.

5. Suhu Baterai HP Terlalu Panas (Overheat)

Penyebab selanjutnya adalah karena suhu baterai HP yang sudah terlampau panas (overheat). Kondisi ini dapat membuat game yang dimainkan patah-patah. Selain itu, dapat mengganggu kenyamanan menggenggam HP saat bermain game.

6. Bermain Game Saat HP Di-charge

Kebiasaan bermain HP saat sedang di-charge akan menyebabkan fungsi dan kinerja sistem berkurang. Hal ini juga dapat menyebabkan game patah-patah. Selain itu, kondisi ini juga tidak baik bagi kesehatan HP karena HP tidak bisa beristirahat dengan maksimal pada saat di-charge.

Itulah ulasan mengenai faktor penyebab HP patah patah saat main game. Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab tersebut, diharapkan dapat menggunakan HP dengan bijak sesuai dengan spesifikasinya. Jika ingin memainkan game yang berspesifikasi tinggi dan berukuran besar, maka HP yang dibeli juga harus berspesifikasi yang cukup. Hal ini untuk menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kinerja HP memburuk.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas, Yuk Ketahui!

5/5 - (2 votes)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment