penyebab hp lemot dan macet

HP Lemot? Yuk Ketahui Penyebab HP Lemot Dan Macet yang Sering Terjadi

Asus ROG Strix G15

Ponsel menjadi suatu barang yang sangat penting dan menjadi kebutuhan untuk semua orang. Pentingnya keberadaan ponsel tentu membuat pemilik harus hati-hati terhadap penyebab hp lemot dan macet. Kemacetan ponsel bahkan lemot tentu akan menggangu kenyamanan penggunaan ponsel.

Mengingat ponsel sudah dipergunakan untuk membantu banyak kegiatan atau aktivitas menjadi lebih mudah dan cepat. Misalnya untuk bekerja, sekolah, berkomunikasi, bisnis, promosi, mengerjakan tugas, berolahraga, bermain, refreshing dan masih banyak lagi. Simak ulasan tentang hak yang mengakibatkan ponsel menjadi lemot dan macet, yaitu:

1. Penyimpanan Yang Penuh

Penyimpanan penuh bisa menjadi penyebab hp lemot dan macet dikarenakan tidak ada lagi ruang kosong pada memori internal atau RAM. Akibatnya kinerja ponsel akan melambat dikarenakan banyaknya aplikasi-aplikasi yang bekerja secara bersamaan dan tidak terkontrol. Pertimbangkan terlebih dahulu jika ingin menginstal aplikasi apakah terlalu besar atau tidak. File juga bisa berpengaruh selain aplikasi.

Banyaknya file dengan kapasitas besar akan memenuhi RAM sehingga full. Melihat hal ini tentu sebaiknya meletakkan atau menyimpan file dengan kapasitas yang besar di Google Drive sehingga tetap mudah diakses tapi tidak membuat ponsel kinerjanya berkurang dari normalnya.

2. Aplikasi Yang Bermasalah

Aplikasi yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab hp lemot dan macet. Pemilik ponsel harus mengetahui bagaimana ciri-ciri aplikasi yang bermasalah. Tujuannya untuk meminimalisir kemacetan hp karena aplikasi yang bermasalah. Biasanya aplikasi bermasalah akan susah diakses dan suka menutup sendiri tanpa dikembalikan keluar aplikasi.

Pengupdetan aplikasi secara berkala atau rutin harus selalu dilakukan karena aplikasi yang bermasalah berawal dari aplikasi yang tidak terbarui. Terapkan pengaturan pembaharuan aplikasi otomatis agar memudahkan dalam memperbarui aplikasi tanpa harus dicek secara terus-menerus. Atur juga penonaktifan aplikasi yang tidak digunakan agar mengurangi kinerja aplikasi secara bersamaan yang menyebabkan ponsel lemot.

3. Banyak Sampah Yang Tidak Dibersihkan

Salah satu penyebab hp lemot dan macet adalah banyaknya sampah yang tidak dibersihkan. Pada ponsel tentu banyak sampah baik sampah dokumen maupun sampah aplikasi-aplikasi. Hal ini tentu mengharuskan pemilik ponsel untuk membersihkan sampah di ponsel jika sudah banyak atau bisa dilakukan secara rutin. Fungsinya agar sampah tidak menumpuk dan memenuhi ponsel sehingga mengurangi kinerjanya.

4. Adanya Virus

Secara tidak langsung virus pada ponsel juga bisa menyebabkan kelemotan atau menjadi macet tidak dapat digunakan. Oleh karena itu pemilik harus berhati-hati karena virus bisa terbawa dari aplikasi atau bisa saat melakukan pendownloadan musik, file atau masih banyak lagi. Virus juga terkadang tersembunyi tidak mudah untuk dideteksi jadi harus berhati-hati sebelum mendownload baik aplikasi, musik, file dan lain-lain.

5. Spesifikasi Yang Tidak Memadai

Sebelum menggunakan ponsel untuk hal apapun, pemilik harus tahu batasan kemampuan ponsel. Ini karena ponsel yang dipaksakan bekerja melebihi kapasitasnya akan menurun yang bisa mengakibatkan eror bukan hanya lemot. Cari tahu berapa batasan sistem yang mampu digunakan ponsel pengguna untuk mengakses aplikasi atau menyimpan file. Dengan begitu akan meminimalisir ponsel dari kinerjanya yang lambat dimana bisa berujung pada kerusakan.

Begitulah beberapa pemaparan penyebab hp lemot dan macet yang dapat diketahui untuk diwaspadai. Bijaklah dalam memanfaatkan ponsel dan gunakan sesuai dengan kapasitasnya agar awet dan bisa dilakukan gunakan untuk jangka panjang. Rawatlah ponsel dengan baik dan cek secara berkala untuk meminimalisir adanya kerusakan baik kerusakan ringan maupun fatal. Jangan khawatir jika mengalami hal-hal diatas, tetap tenang jadi setelah mengetahui masalahnya baru pikirkan cara mengatasinya agar tidak bertambah parah.

Baca juga: Inilah Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB Yang Wajib Dicoba

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment