cara mengunci telegram

Cara Mengunci Telegram di Handphone Android, iPhone dan Laptop

Asus ROG Strix G15

Cara Mengunci Telegram – Telegram sebagai aplikasi chat yang populer saat ini tak lepas dari andil berbagai fitur yang mengungguli pesaing serupa. Seperti kecepatan, berbagi file yang lebih besar, fitur channel, dan fitur lainnya yang terlihat lebih superior. Untuk keamanannya juga tidak diragukan. Berikut pembahasan cara mengunci telegram di handphone android, iPhone dan laptop:

Cara Mengunci Telegram di Handphone Android, iPhone dan Laptop

Mengunci Telegram di Handphone Android

Untuk penggunaan Telegram di handphone android, dari tampilan awal waktu masuk aplikasi silahkan lihat pojok kiri atas layar handphone, kemudian pilih menu panel. Di tab baru yang muncul pilih setting atau menu pengaturan. Selanjutnya klik privacy dan security lalu pilih passcode lock di tab berikutnya.

Dengan dipilihnya fitur passcode lock ini berarti aplikasi telegram tersebut akan dikunci dengan sandi baru yang akan dibuat berikutnya. Isikan kode sandi yang diinginkan sejumlah empat digit, berupa angka. Setelah sudah yakin dengan kode sandi yang diisi selanjutnya tinggal pilih tombol tanda centang.

Untuk lebih amannya disarankan penggantian password secara berkala, ini bisa dilakukan di menu change passcode. Masukkan password lama untuk konfirmasi kemudian tinggal isikan password baru. Bila dibutuhkan masih ada fitur fingerprint jika handphone mendukung, dan sistem auto lock yang fungsinya mengunci telegram secara otomatis dalam kurun waktu tertentu bila tidak digunakan.

Baca juga : Perbedaan Google Meet dan Zoom

Mengunci Telegram di iPhone

Untuk cara mengunci telegram berikutnya, kali ini khusus untuk pengguna iPhone. Silahkan buka aplikasi telegram, dari tampilan awal pilih menu setting atau pengaturan. Setelah itu buka bagian privacy and security, lalu pilih passcode & face ID.

Kemudian aktifkan passcode, pastikan atau rubah pilihannya menjadi on. Langkah selanjutnya tinggal membuat kode sandi enam digit sesuai keinginan. Terakhir, jika diinginkan ada fitur tambahan berupa pengaktifan face ID untuk akses lebih praktis dan mode auto lock yang berfungsi seperti di pengguna android yang tersebut di atas.

Di tampilan obrolan atau chat tepatnya di bagian atas akan terlihat ikon kunci kecil. Untuk mengaktifkan fitur mengunci telegram tinggal ketuk ikon tersebut. Untuk membukanya tinggal ketikkan kode sandi yang sudah dibuat sebelumnya.

Mengunci Telegram di Laptop

Untuk pengguna aplikasi Telegram di laptop atau komputer caranya sama. Buka aplikasi Telegram lalu dari tampilan utamanya pilih menu pengaturan atau setting yang terletak di sebelah pojok kiri atas. Selanjutnya pilih privacy and security.

Baca juga : Cara Membuat Polling di Telegram

Di tab berikutnya pilih turn on local passcode, kemudian isikan kode sandi sebanyak 4 digit. Bila android dan iPhone kode sandinya berupa angka, beda halnya dengan laptop. Pengguna laptop dan PC bisa membuat sandi dengan kombinasi huruf dan angka. Jadi tingkat keamanannya setingkat lebih tinggi.

JIka passcode sudah selesai di-setting, ikon kunci akan muncul di bagian atas tampilan obrolan atau chat. Ketuk ikon tersebut untuk mengaktifkan fungsi penguncian. Jika suatu saat lupa kode sandinya, tinggal log out dari Telegram desktop dan kembali log in.

Sebagai layanan chat multi platform berbasis cloud yang bersifat gratis, tidak membuat Telegram setengah-setengah dalam meluncurkan produknya. Ambil contoh Telegram memungkinkan berbagi file sampai dengan 1,5 GB per file, hal ini tidak dimiliki pesaing lainnya. Selain itu aplikasi berbasis cloud ini memiliki proses sinkronisasi yang lancar.

Lengkapnya fitur yang ditawarkan Telegram memang untuk menjawab kebutuhan pengguna di masa kini. Di mana pengguna menginginkan kepraktisan untuk melakukan banyak aktivitas di satu tempat. Tentu saja tak melupakan keamanan data dengan cara mengunci Telegram untuk semua pengguna baik itu melalui android, iPhone dan laptop.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment