perbedaan google meet dan zoom

Wajib Diketahui, 5 Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pilih Mana?

Asus ROG Strix G15

Perbedaan Google Meet dan Zoom – Selama pandemi covid-19 yang telah berlangsung tahunan menyebabkan sejumlah pertemuan kini diadakan secara virtual. Apalagi kini telah banyak aplikasi penunjang untuk melakukan pertemuan secara daring seperti Google Meet dan Zoom. Tapi tentu ada sederet perbedaan Google Meet dan Zoom walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama.

Pilihan penggunaan antara kedua aplikasi ini sebenarnya disesuaikan pada kebutuhan seorang pengguna. Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan serta kekurangan dari masing-masing aplikasi yang berbeda. Nah berikut ini sederet perbedaan dari aplikasi Google Meet maupun Zoom:

5 Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pilih Mana?

Standar Keamanan Aplikasi

Perbedaan mendasar antara Google Meet dan Zoom adalah pada segi keamanannya. Google menjamin adanya keamanan pada setiap aplikasi yang diluncurkan termasuk Google meet. Karena biasanya di dalam DNA setiap aplikasi Google telah tertanam keamanan yang dijaga secara kontinu.

Namun berbeda dengan Zoom yang dianggap masih belum mencapai standar keamanan Google. Misalnya saja pada sebuah kasus zoombombing yang sempat terjadi pada yang dapat melakukan panggilan secara acak oleh troll. Secara tak langsung hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi Zoom masih memerlukan pembelajaran penting mengenai segi keamanannya.

Kapasitas Peserta

Membuat sebuah pertemuan daring tentunya mempertimbangkan jumlah peserta yang akan ditampung oleh aplikasi. Hal ini tidak luput menjadi pertimbangan mengingat adanya perbedaan Google Meet dan Zoom. Pada poin ini, aplikasi Zoom dinilai lebih unggul karena dapat menampung maksimal 50 orang peserta sementara pada Google Meet hanya maksimal 250 orang.

Baca juga : Cara Membuat Polling di Telegram

Jika untuk pertemuan kelas mungkin masih bisa digunakan dengan kapasitas minimum maksimum Google meet. Sementara jika seorang pengguna berniat untuk melangsungkan sebuah webinar yang membutuhkan banyak peserta. Maka disarankan untuk menggunakan zoom.

Batasan Waktu Pertemuan

Berikutnya mengenai perbedaan Google Meet dan Zoom adalah dalam batas waktu penggunaan untuk sebuah pertemuan. Bila melihat dari durasi waktu maka Google Meet dinilai lebih unggul karena lebih lama dibandingkan aplikasi zoom. Umumnya aplikasi Google Meet dapat dipakai untuk sebuah pertemuan dalam jangka waktu hingga 60 menit.

Namun apabila pengguna menggunakan versi berbayar maka dapat menggunakan dengan durasi waktu lebih lama. Sementara pada aplikasi Zoom sendiri hanya menyediakan waktu berkisar 40 menit untuk setiap konferensi video.

Segi Biaya dan Penggunaan Kuota

Adanya biaya tagihan serta pengeluaran kuota menjadi salah satu faktor penimbang seseorang memutuskan untuk menggunakan aplikasi. Hal ini juga menjadi salah satu perbedaan Google Meet dan Zoom yang bisa pengguna pertimbangkan. Google Meet dapat menjadi pilihan bagi seorang pengguna yang menetapkan budget pas-pasan atau hemat kuota.

Baca juga : Software Pengubah Suara menjadi Teks untuk PC

Karena layanan aplikasi Google Meet sendiri telah menyediakan fitur call in, sehingga pengguna tak perlu menginstal aplikasi karena semuanya telah ada pada browser web. Sementara berbeda apabila memutuskan menggunakan layanan aplikasi Zoom. Seorang pengguna harus menyiapkan tambahan tarif apabila menginginkan ikut bergabung dengan fitur telepon.

Adanya Fitur Perekam Video

Bisa dibilang fitur perekam video merupakan salah satu keunggulan aplikasi Zoom yang juga menjadi letak beda Google Meet dan Zoom. Pengguna aplikasi Zoom secara gratis akan tetap bisa mengakses fitur merekam video maupun audio. Belum lagi adanya berbagai fitur unggulan lainnya yang dapat ditemui pengguna bila memakai aplikasi ini.

Berbeda halnya apabila memilih melakukan konferensi menggunakan Google Meet. Apabila hendak menggunakan fitur perekam atau berbagai fitur lainnya yang tidak bisa digunakan secara bebas. Maka dari itu pengguna perlu menginstal serta berlangganan Google Meet G Suite. Google Meet secara gratis juga memiliki rentang periode yang tersedia hanya  beberapa bulan saja.

Itulah berbagai perbedaan Google Meet dan Zoom yang wajib diketahui pengguna. Beragam kelebihan maupun kekurangan dapat jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengadakan konferensi video secara daring. Selamat mencoba.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment