cara melihat maps 3d

5 Langkah Cara Melihat Maps 3D dengan Google Earth

Asus ROG Strix G15

Salah satu cara melihat maps 3d yaitu dengan menggunakan Google Earth. Penggunaannya bisa melalui Smartphone ataupun website resmi. Berikut 5 langkah cara yang bisa dilakukan untuk melihat maps 3d dengan google earth:

5 Langkah Cara Melihat Maps 3D Terbaru

Carilah Google Earth

Google earth bisa ditemukan pada Google Play Store, App Store ataupun website resmi. Jika ingin menggunakannya di smartphone maka perlu memasang aplikasinya dan masuk menggunakan akun google atau akun apple. Kata kunci yang digunakan untuk mencarinya adalah Google Earth atau 3d maps.

Bila ingin menggunakannya melalui web maka carilah google earth pada pencarian browser. Kliklah hasil pencarian yang berada pada awal pilihan atau hasil teratas. Setelah itu, klik “Buka Earth” serta masuk ke google earth dengan akun yang tersedia, bisa memilih melalui Gmail atau akun Apple.

Tetapkanlah Lokasi yang Dituju

Tampilan awal yang diperlihatkan setelah login adalah bola dunia yang terlihat sangat real. Hamparan hutan yang berwarna hijau dan lautan yang berwarna biru terlihat dengan jelas beserta dengan nama-namanya. Namun, untuk melihat lokasi yang dituju perlu mencari atau mengklik tempat itu di pencarian.

Baca juga : Penyebab Hp Patah Patah Saat Main Game

Untuk mencari lokasi yang dituju bisa dengan menekan simbol kaca lup atau pencarian pada sebelah kiri layar. Ketiklah tujuan yang ingin dikunjungi lalu klik Enter atau cari, tampilan akan memunculkan info singkat dari tempat tersebut. Klik pesawat kertas berwarna biru yang akan mengarahkan pengguna ke tempat tersebut.

Aturlah Tampilan

Langkah ini sangat mudah yaitu dengan klik simbol layer yang berada di sebelah kiri layar atau maps style. Pilihan yang disediakan adalah tampilan ‘Clean’ yaitu tanpa border, label, places, atau jalan dan untuk yang sebaliknya ada ‘Exploration’. ‘Everything’ menampilkan gambar yang nampak sangat real. Custom untuk menampilkan maps dengan pengaturan yang dibuat sendiri.

Selain itu, ada pilihan layers yang bisa dengan mudah menonaktifkan atau mengaktifkan 3D Buildings atau menampilkan maps secara 3d, animasi awan yang akan menampilkan awan 24 jam dari animasi berulang oleh Google Earth. Pilihan Gridlines untuk menampilkan garis latitude atau longitude pada bumi.

Melihat Tempat dengan Street View

Langkah cara melihat maps 3d selanjutnya, gunakan street view untuk memperjelas tempat. Langkah ini akan menampilkan maps seperti pengguna pergi ke tempat tersebut dan bisa juga menyusuri area di sekitar tempat. Caranya klik lah Street View selection yang memiliki simbol orang dan berada di pojok kanan bawah layar.

Baca juga : Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Jika mode ini diaktifkan maka akan memperlihatkan jalur atau jalan yang bisa ditelusuri serta titik poin dari tempat yang ada. Cukup klik titik atau garis tersebut maka tampilan akan berubah ke tempat yang diarahkan. Tidak semua daerah memiliki jalur atau titik sehingga ada beberapa daerah yang tidak bisa ditelusuri lebih lanjut.

Membuat Project

Pilihan ini opsional, project disini bisa dijadikan sebagai penanda tempat atau placemark. Dengan menambahkannya ke dalam project tempat tersebut bisa dengan mudah dicari dan diberikan garis atau bentuk yang disesuaikan dengan keinginan. Satu fitur yang sangat memudahkan project yaitu mengukur jarak dengan measure distance pada kiri layar.

Hasil dari perkiraan jarak, garis atau bentuk tempat tersebut bisa disimpan ke google drive dengan membuat folder atau disimpan ke perangkat dalam bentuk KML file. Selain itu, bisa juga membuka atau meng-import project yang telah dibuat pada Google Earth melalui Google Drive atau perangkat yang digunakan.

Nah, itu tadi 5 langkah cara melihat maps 3d yang bisa memberikan gambaran dari suatu tempat bahkan dapat merasakan seperti berada di tempat tersebut. Google Earth memiliki versi yang lebih canggih yaitu Google Earth Pro pada PC, Mac, atau Linux.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment