cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi

Wow, Ada Cara Ekstrak File Zip Di Android Tanpa Aplikasi Tambahan Dan Pastinya Anti Ribet

Asus ROG Strix G15

Cara Ekstrak File Zip Di Android Tanpa Aplikasi – Mengekstrak atau yang juga dapat disebut dengan mengompres adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memperkecil ukuran suatu file. Untuk membuka file zip biasanya juga diperlukan pengekstrakan terlebih dahulu. Pengekstrakan bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi. Nah, dan yang akan menjadi tema pada tulisan kali ini yaitu langkah cara ekstrak file zip di Android tanpa aplikasi apapun dan pastinya dijamin gampang.

Mengekstrak File Zip Pada Android Semua Jenis Merek

Memang kadang ada android yang memiliki cara tersendiri untuk mengekstrak file zip. Biasanya juga, cara yang sudah disediakan khusus untuk suatu tipe android pengaplikasiannya akan jauh lebih mudah. Namun sebelum itu, di sini akan membahas terlebih dahulu bagaimana mengekstrak file zip pada semua merek android dengan gampang:

1. Melalui Tools Extract.my

Yang pertama untuk pembahasan langkah dan cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi tambahan adalah melalui Tools bernama Ekstract.my. Tools ini tidak hanya file zip saja yang dapat diekstrak, namun terdapat 70 macam file. Untuk langkah pertama mengekstrak file zip menggunakan tools ini adalah buka laman browser, bisa juga menggunakan google atau chrome.

Jika sudah buka link berikut, https://extract.me/id/. Jika sudah terbuka maka akan langsung masuk pada dashboard tools tersebut. Pengguna akan diberikan pilihan mengambil file yang akan di ekstrak melalui google Drive, Dropbox, URL jadi pastikan file tersebut tersimpan di dalamnya. Tunggu proses selesai, untuk mengekstrak file tersebut, cukup tap menu simpan semua sebagai zip. Selesai.

Baca juga : Cara Merubah JPG ke PDF Online

2. Melalui Tools Convertio.co

Yang kedua adalah melalui tools bernama Convertio.co. Cara penggunaannya pun hampir sama dengan tools yang sebelumnya. Selain untuk menjadikan file zip, tools ini juga dapat mengubah dari file zip ke 7Z, RAR, JAR,TAR TGZ dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mengekstrak file zip, cukup buka browser dan buka website https://convertio.co/id/zip-converter/ ini, maka akan langsung muncul halaman pengekstrakan.

Tap tulisan Pilih file, maka akan langsung disediakan pilihan dari mana akan memilih file tersebut, seperti di google Drive atau di world dan sebagainya. Jika sudah dipilih, langsung klik saja tombol konversi untuk memulai pengekstrakan. Jika proses telah selesai, maka file zip akan langsung tersimpan pada penyimpanan android.

Mengekstrak File Zip Pada Android Merek Samsung

Pertama-tama ketika akan mengekstrak file pada smartphone Samsung tanpa menggunakan aplikasi adalah membuka manajemen file, atau file saya di menu android tersebut. Berikutnya cari dan pilih file zip yang mau diekstrak, jika sudah terpilih tap tombol UNZIP atau UNZIP to current folder di bagian kanan atas. Jika sudah maka pengekstrakan selesai, hasil ekstrak pun akan langsung tersimpan pada android.

Baca juga : Cara Mengetahui Pesan WA yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Mengekstrak File Zip Pada Android Merek MI

Bagi pengguna Mi atau Xiaomi, jika hendak mengekstrak file zip kini tak perlu susah-susah lagi melalui Tools/website apalagi aplikasi tambahan sebab android MIUI ini sudah menyediakan fitur untuk melakukan pengekstrakan pada file zip. Langkah pertama, buka aplikasi berkas bawaan, dan pilih pada menu kategori, di sana akan ada ikon bertuliskan Zip.

Masuk pada ikon tersebut, pilih file zip untuk diekstrak, jika sudah, akan ada pilihan di bagian bawah, pilih ekstrak di sini. Tinggal menunggu sampai proses selesai, waktu yang dibutuhkan, tergantung ukuran file tersebut. Jika proses selesai file zip hasil ekstrak juga dapat dilihat pada halaman tersebut.

Itu tadi adalah cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi tertentu. Beberapa langkah tadi bisa pengguna coba praktekkan salah satu cara yang menurut pengguna gampang. Melakukan pengekstrakan file juga dapat melonggarkan ruang penyimpanan android yang sedikit penuh.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment