perbedaan windows 10 pro dan home

5 Perbedaan Windows 10 Pro dan Home, Mana yang Lebih Oke

Asus ROG Strix G15

Perbedaan Windows 10 Pro dan Home – Windows adalah Sistem Operasi untuk PC atau laptop yang dikeluarkan oleh Microsoft. Sistem Operasi Windows memiliki banyak versi mulai dari jadul hingga yang terbarunya yaitu Windows 10. Windows 10 pun memiliki beberapa versi diantaranya Windows 10 Pro dan Home. Yuk, cari tahu perbedaan Windows 10 Pro dan Home berikut ini :

5 Perbedaan Windows 10 Pro dan Home

Kapasitas RAM

Random Access Memory menjadi hal yang utama dalam pemilihan sistem operasi. Karena jika RAM tidak memenuhi kualifikasi, sistem operasi tidak akan berjalan lancar. Program-program didalamnya akan terganggu dan menyebabkan komputer menjadi sangat lemot.

Versi Pro memiliki limit memory RAM lebih besar dibanding dengan saudaranya itu. Dengan kapasitas maksimal hingga 2TB, Windows 10 Pro menjadi lebih unggul. Sedangkan Windows 10 Home hanya mendukung kapasitas hingga 128GB saja.

Karena itu, tidak heran jika Windows 10 Pro menjadi target para pengguna professional dengan kebutuhan RAM yang cukup besar seperti kantoran dan bisnis. Akan tetapi dengan RAM 128GB sudah terbilang sangat cukup untuk para pengguna pribadi dan rumahan.

Fitur yang Ada

Fitur yang disediakan oleh setiap versi tentulah disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Versi Pro memiliki fitur yang lebih banyak dibanding Windows 10 versi Home. Karena itulah Windows 10 Pro banyak digunakan para pengguna professional.

Fitur yang terdapat pada Versi Pro tidak bisa ditemukan pada Versi Home. Diantaranya BitLocker, Remote Desktop, Device Guard dan Secure Boot, Group Policy Editor, dan yang lainnya. Semua fitur ini memiliki fungsi yang dibutuhkan perusahaan dan pebisnis.

Baca juga : Cara Melihat Snapgram Tanpa Diketahui

Windows 10 Home cocok untuk pengguna pribadi dan rumahan. Dengan Windows 10 versi Home saja sebenarnya dapat dibilang sangat cukup dan sangat mumpuni. Fitur-fitur yang ada cukup membantu semua kegiatan komputasi sehari-hari.

Segi Keamanan

Perbedaan Windows 10 Pro dan Home yang utama juga terletak pada segi keamanannya. Keamanan menjadi hal yang paling penting dalam dunia industri, perusahaan dan para pebisnis. Karena kerahasiaan data dan dokumen sangatlah dijaga.

Pengguna professional seperti perusahaan, kantoran, dan para bisnisman sering menjadi target kejahatan para cyber dan para hacker. Data-data yang tidak dijaga dengan aman dapat diretas dan dicuri oleh pihak yang menginginkan keuntungan besar.

Versi Pro memiliki Windows Defender yang berfungsi memberi perlindungan pada perangkat dari ancaman virus-virus berbahaya. Juga dilengkapi dengan Enterprise Data Protection yang berupa modul untuk mengamankan data-data penting dengan cara dienkripsi.

Pengaturan Pembaharuan

Perbedaan satu ini juga diungguli oleh Windows 10 Pro. Pasalnya, pada versi Pro ini pengguna dapat menunda update/pembaharuan hingga 35 hari kedepan. Pengguna juga dapat menolak pembaharuan dan mengatur ulang waktunya.

Baca juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan Google Chrome

Hal ini sangat berguna agar pembaharuan tersebut tidak mengganggu aktivitas saat komputer digunakan. Pengguna dapat mengatur jadwal pembaharuan di saat aktivitas komputer sedang santai, sehingga pembaharuan tetap dapat dilakukan secara berkala dan teratur.

Sayangnya hal ini tidak berlaku pada Windows 10 Home. Semua pembaharuan yang terjadi pada Windows 10 Home sudah diatur oleh Microsoft. Pengguna tidak dapat menolak dan menjadwalkan ulang. Hal ini sangat mengganggu jika pengguna sedang dikejar deadline kerjaan.

Harga

Faktor harga ini menjadi faktor yang sangat penting dalam mencari tahu perbedaan Windows 10 Pro dan Home. Tentunya dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, perbedaan harga akan sangat terlihat. Begitu juga dengan Windows 10 Pro dan Home.

Windows 10 Pro dengan segala kelebihannya dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan Home. Pada situs resmi Microsoft sendiri Windows 10 Home dijual dengan harga hanya 2 jutaan. Sementara Windows 10 Pro dibandrol dengan harga 3 jutaan.

Harga ini sebanding dengan fungsi dan kegunaan yang ditawarkan oleh Microsoft. Karena Windows 10 Pro ditujukan untuk para professional dan kebutuhan bisnis, maka versi Pro ini dijual lebih mahal. Berbanding terbalik dengan versi Home.

Itulah 5 perbedaan Windows 10 Pro dan Home yang dapat pengguna bandingkan mana yang lebih oke. Memilih sistem operasi tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Karena setiap pengguna memiliki kebutuhan masing-masing yang berbeda.

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment