ganti password wifi huawei

Urutan Langkah Cara Ganti Password Wifi Huawei

Asus ROG Strix G15

Ada berbagai macam cara ganti password wifi huawei, bisa melalui PC atau Laptop bahkan melalui Android loh. Para pengguna wifi biasanya akan rutin mengganti password. Berikut langkah cara yang bisa dilakukan untuk mengganti password pada wifi huawei:

5 Langkah Ganti Password Wifi Huawei Terbaru 2021

Menyambungkan Device ke Wifi

Langkah pertama dalam cara ganti password wifi huawei yang dilakukan adalah device yang ingin digunakan seperti PC, Laptop atau Android harus terhubung ke wifi Huawei tersebut. Sebelum merubah password ketahuilah dulu IP yang terdapat pada bagian bawah perangkat modem Huawei.

Jika device tidak terhubung ke wifi tersebut maka akan sulit untuk mengganti password-nya karena tidak ada akses untuk masuk ke pengaturan modem tersebut. Dengan mengetahui IP dari modem nantinya bisa digunakan untuk masuk ke pengaturan modemnya.

Masuklah ke Pengaturan Modem Huawei Melalui Browser

Setelah device terhubung ke wifi maka langkah kedua adalah masuk ke pengaturan pada modem yang digunakan. Pertama, bukalah browser lalu ketikkan http://192.168.100.1/ atau 192.168.100.1. Bila telah melakukan langkah pertama tapi belum juga terhubung ke halaman login maka bisa dicek pada modem dan sesuaikan dengan IP yang ada.

Baca juga : Cara Memindahkan File Google Drive ke Google Drive Lain

Jika telah muncul halaman awal maka akan ada logo Huawei serta seri dari modem yang digunakan. Pada bagian bawah terdapat  bagian untuk memasukkan account dan password login. Account dan Password yang digunakan bisa menggunakan Admin. Selain dari itu bisa pula menggunakan Account telecomadmin dan password admintelecom atau Account Support dengan password theworldinyourhand.

Merubah Password

Jika telah masuk pada pengaturan maka akan menampilkan halaman dengan berbagai macam pilihan pengaturan. Tampilan awal akan berada pada Status, untuk merubah password klik pada halaman ‘WLAN’. Di sebelah kiri akan menunjukkan berada pada ‘WLAN Basic Configuration’, carilah kolom ‘WPA PreSharedKey’, setelah itu ubahlah password yang ingin digunakan lalu klik ‘Apply’.

Disarankan untuk menggunakan password yang unik atau yang sulit untuk ditebak oleh orang lain. Hindarilah menggunakan password yang hanya angka atau huruf. Gunakanlah password dengan kombinasi angka, huruf atau karakter dengan minimal 8-63 karakter atau 64 karakter hexadecimal.

Merubah SSID Name

Langkah ini merupakan langkah opsional, bisa dilakukan atau dilewati sesuai dengan kebutuhan. Merubah SSID pada wifi yang dimiliki bisa digunakan sebagai salah satu langkah untuk mencegah wifi dapat tersebar dan bisa dirubah passwordnya, terlebih lagi bila ada pengguna yang pernah terhubung ke wifi tersebut.

Baca juga : Cara Melihat Video Tiktok Yang Disembunyikan

Pada halaman ‘WLAN’ lalu ‘WLAN Basic Configuration’ akan ada kolom SSID Name, nah disitulah diisi SSID baru yang akan digunakan bila telah diganti lalu klik ‘Apply’ pada bagian bawah form. SSID ini akan ditampilkan pada public jika ‘Broadcast SSID’ tercentang tapi jika ingin di hidden atau tidak terlihat maka bisa dikosongi saja.

Me-restart Koneksi Wifi

Langkah terakhir setelah merubah password wifi adalah me-restart atau mematikan modem yang telah di setting tadi. Caranya adalah klik tombol pada bagian belakang modem dan modem akan mati hingga kurang lebih 5 menit, setelah itu nyalakan lagi.

Hubungkan kembali device ke wifi yang telah diubah pengaturannya, bila SSID yang digunakan telah di hidden maka sambungkan dengan cara ‘Tambahkan Jaringan’ kemudian masukan SSID serta password yang sesuai.

Itulah 5 langkah cara ganti password wifi huawei yang bisa dilakukan. Langkahnya mudah dilakukan baik di PC/Laptop maupun Android. Rutinlah untuk mengganti password yang digunakan minimal dua bulan sekali untuk mencegah tersebarnya wifi dan mudah untuk diambil alih orang lain.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment