Kesalahan Blogger Pemula

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Asus ROG Strix G15

Menulis merupakan salah satu keahlian yang dapat memberikan keuntungan. Tanpa membutuhkan banyak media pun tulisanmu dapat menjadi tempatmu bergantung untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu pekerjaan yang dapat membantumu menghasilkan uang adalah menjadi blogger. 

Sebenarnya, pekerjaan menjadi blogger sudah muncul sejak lama. Saat ini banyak blogger pemula yang muncul ke permukaan setelah mengetahui bahwa membuat blog dapat memberi kesejahteraan. Terutama apabila ada agen yang mengajakmu untuk bekerjasama. 

Blogger Pemula dan Pengalaman yang Minim

Bekerja sembari memanfaatkan teknologi terbaru memang mengasyikkan, membuat blog pun tidak akan terasa berat. Namun menjadi blogger pemula bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi mereka yang minim pengalaman. Memiliki kesalahan pun tidak terelakkan.

Kesalahan blogger pemula adalah hal yang wajar. Setidaknya mereka memiliki keberanian untuk memulai dan mencoba. Namun para blogger pemula harus bekerja lebih keras untuk mempelajari cara membuat blog yang benar agar mereka  lebih berkembang.

Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan

Nah, apabila kamu adalah blogger pemula yang masih belajar untuk berkembang tandai beberapa macam kesalahan yang harus kamu perbaiki. Berikut adalah macam-macam kesalahan blogger pemula:

1. Kurang Optimal dalam Pembuatan Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan salah satu komponen terpenting dalam blog. Fungsinya adalah membuat artikel yang kamu buat terindeks oleh mesin pencari. Blogger pemula sering mengabaikan meta deskripsi dan melewatinya begitu saja. Bahkan banyak yang tidak mengecek ulang. 

Perbuatan ini sangat disayangkan karena meta deskripsi akan membuat trafik blogmu lebih tinggi. Pengguna blogspot dapat memperbaiki bagian ini dengan memeriksa pengaturan. Bagi blogger pengguna WordPress dapat mengoptimalkan meta deskripsi melalui Yoast SEO. 

2. Enggan Melakukan Riset untuk Kata Kunci

Salah satu tugas blogger adalah melakukan riset untuk kata kunci atau keyword riset. Kata kunci tidak hanya berguna untuk membuat artikel terindeks dalam mesin pencari, namun juga membuat artikel lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh pembaca.

Blogger pemula sering melakukan kesalahan ini karena mereka berpikir asalkan artikel yang mereka buat sudah cukup bagus. Walaupun demikian, melakukan riset untuk kata kunci yang berkaitan akan membuat artikelmu kaya dengan poin-poin menarik yang dapat memberikan informasi penting. 

3. Kurang Memperhatikan Keamanan Blog

Kesalahan blogger pemula yang paling mengkhawatirkan adalah kurang memperhatikan keamanan blog. Padahal blog perlu dikunci dan diberi keamanan penuh agar tidak ada enkripsi yang salah. Kamu dapat menggunakan SSL (Secure Socket Layer) untuk mengamankan blog milikmu. 

SSL berguna untuk memudahkan transfer di dalam website agar lebih aman dan terenkripsi dengan baik. Google bahkan melabeli blog yang tidak memiliki pengaman SSL dengan label Not Secured. SSL juga membantu URL website berubah link menjadi HTTPS. Tetap jaga keamanan website agar label yang kamu dapat adalah Secured. 

Yuk, Belajar Menghindari Kesalahan Blogger Pemula!

Nah setelah mengetahui macam-macam kesalahan blogger pemula yang masih sering dilakukan, kamu harus berbenah dan belajar lebih dalam agar tidak melakukan kesalahan itu lagi. Mau belajar dan berkembang lebih baik daripada tidak menerima kritikan sama sekali. 

Apabila kamu terhalang biaya untuk menggunakan SSL yang mahal, cukup gunakan jasa SSL murah yang dapat menjaga keamanan website. Pasti keamanan website tetap terjaga dan website pun mendapat label Secured dari Google. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment