Cara Mengatasi Komputer & Laptop Lemot Windows 10

Cara Mengatasi Komputer & Laptop Lemot Windows 10 Dengan Cepat

Asus ROG Strix G15

Artikel berikut ini akan membagikan tutorial cara mengatasi komputer & laptop lemot windows 10. Komputer atau laptop lemot saat akan digunakan memang hal yang sangat menyebalkan, apalagi kalau kita dalam keadaan terburu-buru. Kadang kala saking tidak sabarnya menunggu laptop bekerja untuk masuk windows, kita berusaha menghidupkannya ulang dengan cara menekan tombol power. Padahal langkah-langkah yang anda lakukan ini justru dapat menyebabkan laptop atau komputer anda tidak bertahan lama.

Mengatasi Windows 10 Yang Lemot

Biasanya laptop atau komputer yang baru diinstall dengan program windows 10 memiliki tampilan yang belum berubah, dan penyebab lambatnya komputer atau laptop tersebut salah satunya adalah belum melakukan update driver grafik. Berikut ini adalah cara mengatasi komputer & laptop lemot windows 10, pertama adalah dengan melakukan update pada driver grafik. Langkah-langkahnya cukup mudah, pilih File Explorer lalu klik kanan pada pilihan This PC dan klik Properties. Setelah itu akan muncul jendela System, lalu pilih Device Manager. Driver grafik terletak pada Display Adapter, untuk melakukan update cukup dengan melakukan klik kanan lalu memilih Update, pastikan anda telah terkoneksi dengan jaringan internet. Pilih update secara otomatis dan tunggu hingga prosesnya selesai dilakukan.

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer & Laptop Lemot Windows 7

Cara selanjutnya adalah dengan menekan logo windows dan huruf R secara bersamaan, maka akan muncul panel Run. Lalu ketik prefetch pada kolomnya dan klik Ok jika muncul jendela persetujuan maka pilih Continue. Setelah masuk pada folder prefetch, yang perlu dilakukan hanyalah menghapus semua file atau folder sampah yang ada pada perangkat, caranya dengan menekan tombol Ctrl+A, klik kanan lalu pilih Delete. Tunggu proses penghapusan file-file sampah tersebut hingga selesai. Jika muncul tampilan file sedang digunakan maka centang pada pilihan Do this for all current items, lalu pilih Skip.

Tutup folder prefetch, lalu tekan lagi tombol windows+R dan ketikkan %temp% pada kolomnya kemudian klik Ok. Sama seperti langkah sebelumnya, hapus semua folder sampah yang ada dengan menekan tombol Ctrl+A, klik kanan lalu pilih Delete. Jika penghapusan sudah selesai, lakukan lagi langkah yang sama yakni menekan tombol windows+R, kali ini ketikkan TEMP dengan menggunakan huruf capital pada kolomnya lalu klik Ok. Lakukan penghapusan pada file tersebut seperti sebelumnya.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Sistem Operasi Windows 10

Setelah semua penghapusan file selesai dilakukan, masuk kembali pada File Explorer, klik kanan pada Local Disc C dan pilih Properties. Setelah muncul jendela Properties klik pada Disc Clean Up, tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan Disc Clean Up For C, centang semua pilihan yang masih ada filenya lalu klik Ok, dan tekan Delete File. Klik Ok setelah penghapusan selesai dilakukan.

Cara yang terakhir adalah masuk File Explorer, lalu klik kanan pada This PC dan pilih Properties. Setelah muncul jendela System pilih Advance System Settings, kemudian pilih setting pada menu Performances, pilih Adjust for best performances, tekan tombol Apply lalu klik Ok. Demikian adalah beberapa trik cara mengatasi komputer & laptop lemot windows 10. Untuk keperluan alat elektronik anda, percayakan pada JMTech, toko komputer Pekanbaru di wilayah Riau yang tidak hanya menyediakan komputer saja melainkan beragam perangkat elektronik lainnya seperti perangkat lunak, alat perekam, alat komunikasi, perlengkapan kantor dan berbagai barang elektronik lainnya dengan harga dan kualitas terjangkau. Kami juga akan memberikan arahan dan saran bagi para pelanggan agar mendapatkan produk terbaiknya.

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment