Pengertian Domain Menurut Para Ahli

Simak Beberapa Pengertian Domain Menurut Para Ahli

Asus ROG Strix G15

Pengertian Domain Menurut Para Ahli – Bagi Anda yang sudah terjun dan bergelut didunia sistem informasi pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kata domain. Domain ini merupakan sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan suatu server computer. Domain digunakan pada jaringan komputer atau internet.

Tujuan dari adanya domain ini adalah untuk memudahkan para pengguna internet saat mengaksesnya meskipun tanpa mengingat IP Address server tersebut. Nah domain ini memiliki peranan yang cukup penting pada dunia internet. Yuk simak pengertian domain menurut para ahli lebih lanjut dengan membaca artikel berikut:

Pengertian Domain

Ada beberapa para ahli teknologi informasi yang memberikan pengertian mengenai domain sebagai berikut :

  1. Yuhefizar

Menurut pakar Yuhefizar domain sendiri merupakan salah satu nama yang cukup unik dan dimiliki oleh sebuah website. Dimana domain ini terdiri dari dua bagian serta dipisahkan oleh sebuah tanda titik

  1. Irene Joos dan Nancy

Sedangkan menurut pakar yang satu ini mengatakan bahwa domain merupakan sebuah identitas pada website di internet. Domain sendiri terdiri dari nama domain serta ekstensi.

  1. Muhammad Tanzir Wilson

Selanjutnya Wilson juga mengungkapkan bahwa domain adalah sebuah alamat URL yang cukup unik di internet sehingga situs Anda sebagai pemilik website bisa diakses oleh para pengunjung di seluruh dunia.

  1. Smitdev Community

Pengertian domain menurut para ahli selanjutnya ada dari Smitdev Community. Mereka menjelaskan bahwa domain itu sendiri adalah sebuah daerah yang berada dalam kristal, dimana seluruh sel satuan pada daerah tersebut memiliki orientasi magnet yang sama.

  1. Bambang Roni’in

Bambang Roni’in juga memberikan suaranya terhadap pengertian domain. Menurut beliau domain merupakan sebuah himpunan nilai untuk definisi kolom yang sering Anda gunakan ketika membuat tabel.

  1. Andy Sera

Selanjutnya pengertian domain menurut Andy Shera yang mengatakan bahwa domain merupakan salah satu nama yang diketik dan berfungsi untuk menampilkan website di layar monitor pengunjung website.

  1. Buku Microsoft

Nah pengertian domain menurut para ahli yang terakhir adalah dari Buku Microsoft. Buku ini mengatakan bahwa domain merupakan kumpulan secara logikal mengenai komputer-komputer yang terbagi atas database terpusat.

Jenis dan Contoh dari Domain

Bagi Anda yang masih pertama kali ke dunia blogging, berbagai jenis domain tentu masih terasa asing bagi Anda. Maka dari itu, simak ulasan di bawah ini:

  1. TLD (Top Level Domain)

Jenis ini merupakan salah satu segmen terakhir pada sebuah nama domain. TLD ini dibedakan menjadi dua. Yang pertama ada Generic Top Level Domain seperti .com; .biz; .info; .edu; dsb. Dimana setiap gTLD ini menggambarkan produk dari domain.

Sedangkan jenis yang kedua adalah ccTLD yaitu Country Code Top Level seperti .id; .us; .uk dan sebagainya. Dimana setiap ccTLD ini menggambarkan asal negara domain itu sendiri

  1. SLD (Secon Level Domain)

Jenis kedua ini merupakan sebuah nama domain yang bisa didaftarkan oleh instansi atau perorangan tertentu untuk website mereka. Contoh dari SLD ini seperti pada nama domain Sejutacita.com. dimana Sejutacita ini berperan sebagai second level domain, sedangkan .com berperan sebagai top level domain.

  1. Third Level Domain

Jenis domain yang terakhir adalah Third Level Domain merupakan sebuah nama diawal sebelum SLD dan TLD. Biasanya third level domain disebut juga dengan sub domain yang digunakan untuk keperluan tertentu seperti membuat email dll.

Contoh penggunaan dari third level domain seperti www.sejutacita.com dimana www ini berperan sebagai third level domain.

Seputar Tentang SSL Certificate dan WordPress Hosting

Di zaman sekarang sangat rawan sekali adanya hacker yang bisa mengancam keamanan website Anda. Untuk itu Anda perlu meningkatkan lapisan keamanan website dengan SSL certificate Indonesia. Sertifikat ini mampu meningkatkan reputasi website, ranking dan juga hasil pencarian Google. Sehingga website Anda akan semakin banyak dikunjungi.

Sebelum Anda memilih jasa SSL Certificate Indonesia, pastikan SSL tersebut memiliki beberapa fitur yang mendukung SSL. Fitur-fitur tersebut seperti perlindungan privasi terenkripsi, dipercaya oleh banyak browser, website dengan site soal, validasi instan serta adanya beragam promo.

Nah selain mengamankan website Anda, pastikan juga Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam membuat website melalui WordPress Hosting. Dimana WordPress Hosting ini akan memberikan berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk Anda dalam mengelola website. Seperti tersedianya dukungan clone, backup and restore, staging mudah dan lainnya.

Sedangkan fitur yang harus ada pada WordPress Hosting meliputi LiteSpeed Web Server, One-Click Staging, Support HTTP/3 (QUIC). Tidak hanya itu WordPress Hosting juga harus memiliki fitur brotli serta kemudahan melakukan backup, clone dan restore. Perhatikan kelengkapan fitur ini pada WordPress Hosting yang Anda pilih.

Setelah Anda memahami pengertian domain menurut para ahli tentunya Anda telah menyadari mengenai pentingnya mengelola siklus website sendiri. Percayakan pengelolaan serta keamanan situs Anda di Domainesia.com. Hanya di Domainesia.com yang bisa membantu keeksistensinya website Anda secara legal dan terpercaya.

5/5 - (1 vote)
Arief Ramadhan

Seorang Blogger yang hobby membahas hal - hal yang berkaitan dengan Teknologi dan Review.

Leave a Comment