Cara Memindahkan Rekaman Suara ke Musik

Ini 4 Pilihan Cara Memindahkan Rekaman Suara ke Musik

Cara Memindahkan Rekaman Suara ke Musik – Seringkali seorang pengguna smartphone menemui masalah tidak bisa memutar rekaman suara di musik. Hal ini terjadi karena file atau rekaman suara yang telah tersimpan menjadi tidak terbaca. Selain itu, ada juga yang tidak mengetahui bagaimana cara memindahkan rekaman suara ke musik.

Padahal dengan memindahkan rekaman suara menjadi musik dapat mempermudah seorang pengguna. Contohnya saja bisa memutar ulang file rekaman suara sebelumnya secara berulang. Berikut ini beberapa pilihan cara memindahkan rekaman suara ke musik:

4 Cara Memindahkan Rekaman Suara ke Musik

Konversi Rekaman di ITunes

Pilihan pertama sebagai cara memindahkan rekaman suara ke musik adalah dengan menggunakan iTunes di Windows. Menariknya lagi, cara yang satu ini juga dapat dilakukan secara offline alias tidak menggunakan data. Selain mudah tentunya hal ini dinilai jauh lebih hemat. Berikut urutan langkah mengkonversikannya:

  • Pertama pastikan telah memindahkan rekaman suara ke Windows terlebih dahulu.
  • Kedua, buka aplikasi iTunes. Setelahnya klik pada bagian import settings.
  • Lihatlah pada menu yang terdapat di sebelah import setting, kemudian klik MP3 encoder.
  • Setelah library terbuka, maka pilih rekaman suara yang akan dikonversikan. Lalu klik atau tekan ‘kreatif MP3 version’ yang ada pada pilihan ‘file dan convert’. Tidak menunggu lama rekaman suara akan segera berubah menjadi musik versi MP3.

Baca juga : Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak karena Jatuh

Menggunakan Layanan Konversi Online

Saat ini terdapat berbagai layanan konversi online yang memudahkan pengguna untuk mengubah rekaman suara ke musik. Salah satunya dapat menggunakan situs web converter audio. Situs yang satu ini juga dapat diakses secara gratis namun memerlukan sedikit kuota dalam penggunaannya. Berikut urutan langkah cara memindahkan rekaman suara ke musik dengan konversi online:

  • Pertama pastikan telah terhubung dengan internet kemudian lakukan pencarian melalui Chrome atau Google.
  • Ketik melalui keyboard https://online-audio-converter.com/id.
  • Saat website terbuka klik pada bagian file dan temukan rekaman suara yang akan diubah.
  • Setelah diupload, tunggulah hingga beberapa saat dan jangan lupa pilih format MP3. Sesudah mengklik menu ‘konversikan’ maka akan muncul file yang diinginkan dan barulah tekan tombol unduh.

Memindahkan Rekaman Dari Folder Voice Recorder

Selain menggunakan bantuan aplikasi, ternyata ada langkah mudah lainnya untuk memindahkan rekaman suara ke musik. Karena langkah mudah berikut ini tidak perlu menggunakan aplikasi maupun data internet, yaitu melewati folder voice recorder. Langkahnya seperti berikut ini:

  • Penggunaan cara yang satu ini terbilang begitu simple. Seorang pengguna hanya perlu memindahkan file rekaman tersebut ke folder lain.
  • Hal ini sebenarnya terjadi lantaran file dianggap terpisah dari file musik lainnya sehingga tidak bisa diputar. Maka dari itu, pengguna hanya perlu memindahkan file yang sebelumnya telah disimpan.
  • Contohnya dengan memindahkan folder tempat penyimpanan sebelumnya ke sebuah file yang khusus untuk musik.

Baca juga : Software Pengubah Suara Menjadi Teks Untuk PC

Mengubah File dan Ekstensinya

Pilihan terakhir memindahkan rekaman suara ke musik adalah dengan mengganti nama file maupun eksistensinya. Langkah yang satu ini biasa dipakai karena beda ekstensi file di smartphone berbeda. Pada ponsel Samsung, ekstensi 3GA serupa dengan ekstensi MP3 namun tidak terbaca pada pemutar musik. Berikut urutan langkah penggunaannya:

  • Langkah pertama, pastikan untuk menyalin file rekaman suara tersebut terlebih dahulu dari smartphone ke komputer atau laptop. Berikutnya ulangi salin dari komputer smartphone.
  • Dengan perpindahan tersebut otomatis file eksistensinya telah berubah.
  • Sebagai catatan, ada beberapa smartphone Android yang dapat langsung melakukan perubahan nama ataupun ekstensi file.

Nah itulah beberapa cara memindahkan rekaman suara ke musik melalui aplikasi maupun langsung. Berbagai pilihan cara ini bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan pengguna sendiri. Selamat mencoba.

Arief Ramadhan
Arief Ramadhan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ini 4 Pilihan Cara Memindahkan Rekaman Suara ke Musik yang dipublish pada Januari 19, 2024 di website DIGITBin - Situs Teknologi Anti Kudet

Leave a Comment