Cara Melihat Isi Cadangan Whatsapp Di Google Drive

Cara Melihat Isi Cadangan Whatsapp Di Google Drive Dengan Mudah Dan Juga Cara Mencadangkan Pesan WhatsApp

Cara Melihat Isi Cadangan Whatsapp Di Google Drive – Pembahasan kali ini adalah mengenai langkah cara melihat isi cadangan WhatsApp di Google Drive. Melakukan pencadangan pada aplikasi perpesanan seperti WhatsApp sendiri memang sangat diperlukan. Pencadangan ini akan sangat berguna ketika pesan-pesan di dalamnya terhapus, dengan melakukan pencadangan maka pesan-pesannya dapat dipulihkan kembali. Pencadangan ini biasanya akan tersimpan di Google Drive. Untuk itu akan dijelaskan cara membukanya beserta bagaimana cara mencadangkan pesan dengan mudah.

Definisi Dari Pencadangan

Pencadangan atau sering juga disebut dengan backup merupakan sebuah proses membuat salinan sebuah data agar data tersebut tetap aman. Atau membuat arsip agar ketika terjadi sebuah kerusakan pada komputer atau android yang menghilangkan data yang asli masih tetap aman sebab sudah memiliki data salinannya. Jadi akan lebih disarankan data asli dan data hasil salinan atau yang dicadangkan tempat penyimpanannya berbeda.

Melakukan pencadangan ini bisa secara lokal dan online. Jika secara lokal maka pengguna tidak dipungut biaya apapun, pencadangan lokal ini seperti mencadangkan di Google Drive, di iCloud, atau di akun Google. Berbeda dengan pencadangan online yang harus membayar Jasa pencadangan tersebut.

Baca juga : Software Membuat Animasi

Langkah Cara Melihat Isi Cadangan Whatsapp Di Google Drive Yang Dapat Pengguna Praktikkan

Yang akan pertama dibahas, adalah mengenai bagaimana cara agar dapat melihat pesan yang dicadangkan di Google Drive. Dengan menggunakan cara yang akan disebutkan, tidak hanya dapat melihat pencadangan WhatsApp namun semua data aplikasi lain yang juga dicadangkan pada Google Drive tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Drive. Yang pertama untuk melihat isi cadangan WhatsApp adalah membuka aplikasi Drive. Pastikan bahwa ponsel sudah tersambung dengan internet. Sebab cara ini dapat dilakukan saat sedang online.
  • Tap ikon hamburger. Jika sudah masuk pada halaman Google Drive tap ikon hamburger atau garis tiga di bagian atas sebelah kiri.
  • Buka menu cadangan. Kemudian tap ikon bergambar gumpalan awan yang bertuliskan cadangan. Pastikan juga bahwa akun Google Drive ini sama dengan akun google sewaktu melakukan pencadangan dulu. Sebab Mereka saling bersangkutan, biasanya akun Google menggunakan email.
  • Buka menu pencadangan WhatsApp. Jika memang pesan pada aplikasi WhatsApp sudah dicadangkan pada Google Drive maka pada halaman berikutnya akan ada menu cadangan WhatsApp. Pada halaman tersebut juga akan terlihat semua isi aplikasi yang sebelumnya juga dicadangkan. Untuk melihat isi cadangan, tinggal tap pada pencadangan WhatsApp, maka datanya akan terlihat semua.

Cara Mencadangkan Pesan WhatsApp Di Google Drive

Jika sebelumnya sudah membahas tentang bagaimana cara melihat isi dari pesan yang dicadangkan di Google Drive maka kali ini akan membahas tentang bagaimana mencadangkan pesan WhatsApp. Tidak dipungkiri bahwa tidak semua orang mengetahui bagaimana caranya mencadangkan pesan. Begini urutan langkah yang harus dilakukan:

Baca juga : Software Penambah Jam Tayang YouTube

Buka Aplikasi WhatsApp

Pertama, pastikan saat itu ponsel sudah terhubung dengan internet. Kemudian buka aplikasi WhatsApp. Buka ikon titik tiga di bagian kanan atas kemudian tap opsi setelan.

Buka Setelan

Langkah selanjutnya jika sudah membuka opsi setelan, buka bagian chat. Jika sudah maka akan langsung ditampilkan halaman selanjutnya. Scroll ke bawah nanti akan ada menu cadangkan chat, tap menu tersebut kemudian cadangkan nanti akan terhubung dengan email yang digunakan sebagai akun Google Drive. Selesai

Nah itu tadi langkah cara melihat isi cadangan WhatsApp di Google Drive pada smartphone. Ada juga pengertian tentang pencadangan, dan diajarkan juga cara mencadangkan pesan WhatsApp. Dalam langkah cara tersebut menggunakan hp Xiaomi tapi sepertinya semua merek hp akan sama saja caranya. Hanya saja mungkin bahasanya yang akan sedikit berbeda, namun soal ini rata-rata caranya sama.

Leave a Comment