Cara Install Ulang Windows 10

Cara Install Ulang Windows 10

Asus ROG Strix G15

Cara Install Ulang Windows 10 – Melakukan install ulang pada Windows 10 tentu bukan hal yang jarang dialami. Terutama bagi yang memang sering kali bekerja menggunakan sarana seperti laptop. Beberapa di antaranya para pengguna laptop di wilayah kota Pekanbaru. Pastinya kesulitan untuk menginstall ulang Windows 10 sering kali pula ditanyakan pada tempat servis laptop di beberapa toko laptop Pekanbaru. Namun bisa jadi jawaban yang diberikan kurang memuaskan. Bagi yang ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini cara install ulang Windows 10, terutama bagi pemula yang ingin melakukannya sendiri.

Siapkan File Software Windows 10

Pertama-tama pastinya siapkan lebih dulu file sotware Windows 10 yang akan dijadikan file untuk menginstall produk tersebut pada laptop kesayangan kalian. Jika tidak memilikinya coba saja menanyakan pada toko komputer Pekanbaru langganan. Sehingga sebelumnya sudah memiliki informasi serta file software tersebut lebih dahulu.

Membuat Bootable Windows 10

Selanjutnya buatlah bootable untuk Windows 10 lebih dulu. Sebaiknya lakukan hal ini pada hard disk atau menggunakan USB. Sebaiknya pilih sistem penyimpanan yang memiliki kapasitas minimal 8GB sehingga dapat digunakan sepenuhnya untuk membuat bootable Windows 10 yang diperlukan. Sesudah membuat bootable Windows 10, maka lanjutkan dengan mengubah boot prioritynya supaya mudah untuk dilakukan install aplikasi Windows 10 pada PC atau laptop nantinya.

Baca juga : Cara Mengganti Background Foto

Jalankan Aplikasi

Apabila seluruh persiapan yang disarankan di atas telah dilakukan, maka selanjutnya jalankan aplikasi untuk melakukan instalasi. Tancapkan flasdisk yang telah diisi dengan bootable file tadi ke PC atau laptop yang akan diinstal ulang dengan Windows 10. Jika masih ada yang diragukan sebaiknya tanyakan pada toko laptop Pekanbaru yang terpercaya supaya bisa membantu mempermudah proses instalasi ulang tersebut. Namun jika ingin melakukan sendiri, maka lanjutkan kembali pada poin berikut di bawah ini.

Lakukan Instalasi Windows 10

Setelah memastikan flashdisk atau hard disk terkonekso pada laptop atau PC, maka pilihlah untuk menjalankan aplikasi installer untuk Windows 10 tadi. Biasanya akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memunculkan file yang perlu diinstal. Demikian halnya dengan proses instalasi Windows 10 itu sendiri. Bisa memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam lamanya. Tergantung bagaimana kapasitas PC atau laptop yang digunakan dalam menjalankan aplikasi installer seoptimal mungkin. Bila aplikasi installer sudah dijalankan, maka tinggal menunggu hingga proses instalasi selesai dan Windows 10 terpasang dengan baik di PC ataupun laptop kalian.

Baca juga : Game PS 3 Terbaik

Pilih Fitur Refresh Dan Reset

Melakukan install ulang Windows 10 pada laptop atau PC baru memang tidak sama dengan pada PC atau laptop yang sebelumnya sudah terinstal Windows 10. Sebagai informasi, jika pernah menginstal Windows 10 sebelumnya, maka pilih saja untuk menggunakan fitur refresh dan reset yang sejatinya sudah tersedia pada program Windows 10. Yang perlu diingat, jika memilih fitur refresh, maka data yang tersimpan tidak akan dihapus begitu saja. Namun jika memilih fitur reset, otomatis semua data yang dimiliki akan terhapus secara tidak langsung. Oleh sebab itu berhati-hati dalam melakukannya. Atau jika kurang paham bisa mencoba membawanya ke toko laptop Pekanbaru terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

Ternyata cara install ulang Windows 10 tidak sesulit yang dibayangkan. Jika memang masih mengalami kesulitan dalam melakukan hal tersebut, tidak perlu ragu untuk mencari informasi lebih lanjut di toko komputer Pekanbaru langganan. Biasanya pemilik toko dengan senang hati berusaha untuk membantu melakukan install ulang. Sehingga kesulitan dalam hal ini bisa diatasi dengan segera secara cepat.

5/5 - (1 vote)
Avatar photo
JMTech.id

JMTech.id merupakan Toko Komputer, Laptop dan Pusat IT Terlengkap di Pekanbaru. Dapatkan informasi tentang Teknologi terupdate disini.

Leave a Comment